Bantu Cegah Corona, PDIP Distribusikan Makanan untuk Rakyat Kecil

Minggu, 19 April 2020 - 16:23 WIB
loading...
Bantu Cegah Corona, PDIP Distribusikan Makanan untuk Rakyat Kecil
Mulai hari ini, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta membuka Dapur Umum untuk memproduksi dan mendistribusikan makanan melalui pengurus Anak Ranting. Foto/Rico Afrido/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mulai hari ini, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta membuka Dapur Umum untuk memproduksi dan mendistribusikan makanan melalui pengurus Anak Ranting (setingkat RW), pengurus Ranting (kelurahan/desa), dan setingkat kecamatan.

Adapun pembukaan dapur umum partai berlambang banteng bermoncong putih itu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jenderal bidang Program Kerakyatan PDIP Sadarestuwati, Ketua nidang Sosial dan Penanggulangan Bencana PDIP Ribka Tjiptaning, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja, serta Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono.

"Partai terus hadir di tengah rakyat, membangun harapan rakyat untuk hidup sehat dan memenuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19. Dapur umum ini hadir dengan semangat kerakyatan dan kemanusiaan, yang dikelola secara gotong royong," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/4/2020).

Di sisi lain, PDIP di seluruh Tanah Air melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) terus bergerak. "Dapur umum, jamu sehat, gerakan hidup bersih dan juga gerakan menanam tanaman yang bisa dimakan serta memenuhi seluruh ketentuan pemerintah seperti pemakaian masker, jaga jarak 2 meter dan kebiasaan cuci tangan terus dilakukan," ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan PDIP itu merupakan tanggung jawab sosial partai. "Seluruh kader struktural, anggota legislatif, dan kepala daerah PDI Perjuangan terus bekerja sama, bergotong royong membantu rakyat, khususnya mereka yang berpenghasilan tidak tetap, buruh harian, ataupun yang terkena PHK. Kantor-kantor PDI Perjuangan hadir sebagai pusat gotong royong Partai," tuturnya.

Dia menjelaskan, dapur umum di DPD DKI Jakarta mampu memproduksi 1.000 makanan per hari dengan varian lauk daging ayam, mi goreng, sayur, telur, air minum. Selain itu, dalam paket bantuan untuk warga juga terdapat masker, hand sanitizer, serta buku panduan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Sesuai instruksi Ibu Megawati Soekarnoputri, kita harus mengutamakan kesehatan rakyat. Hadir memberi solusi untuk rakyat yang kesulitan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kekuatan PDIP bersama Baguna dan kader di seluruh daerah solid bergerak meringankan beban rakyat yang terdampak. "Kita percaya pandemi ini bisa diatasi dengan cara bergotong-royong," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8091 seconds (0.1#10.140)