Kemenag Tegaskan Toa Masjid Bukan untuk Bangunkan Sahur

Minggu, 25 April 2021 - 14:18 WIB
loading...
Kemenag Tegaskan Toa Masjid Bukan untuk Bangunkan Sahur
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menegaskan toa masjid bukan digunakan untuk bangunkan sahur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut penggunaan toa masjid tidak digunakan untuk membangunkan sahur melainkan untuk adzan.

Pernyataan tersebut merupakan respons postingan Instagram aktris Zaskia Adya Mecca. "Sebenarnya toa masjid sudah ada aturan dari surat edaran Dirjen Bimas Islam, penggunaan toa masjid tidak untuk di luar tujuan tertentu. Kalau salat subuh diperkenankan membaca ayat Alquran hanya 15 menit dikhawatirkan mengganggu," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin saat dihubungi pada Minggu,(25/04/2021). Baca juga: Zaskia Mecca Minta Drama Bangunkan Sahur Diakhiri usai Bertemu Pemuda di Balik Toa: Saatnya Move On

Menurutnya sebelum waktu subuh hanya diperbolehkan 15 menit. Dengan syarat memiliki suaranya bagus dalam pembacaan Alquran dan ayat suci. Untuk sahur sendiri menurut Kamaruddin tidak diatur secara detail. Dan dianjurkan menggunakan cara baik karena tidak semua orang membutuhkan itu.

"Membangunkan sahur idealnya tidak mengganggu orang lain, disampaikan mereka kepada yang membutuhkan. Yang bagus itu komunitas mikro di lingkungan masjid dibicarakan kira-kira cara membangunkan sahur disepakati seperti apa,"jelas Kamaruddin.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)