Bamsoet Minta Pemda Efektifkan Posko Pelayanan Covid-19 di Desa

Rabu, 21 April 2021 - 10:42 WIB
loading...
Bamsoet Minta Pemda Efektifkan Posko Pelayanan Covid-19 di Desa
Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung perpanjangan PPKM Mikro. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) level mikro jilid VI yang berlaku mulai 20 April hingga 3 Mei 2021. Jumlah provinsi yang menerapkan PPKM level mikro bertambah 5, sehingga totalnya menjadi 25 provinsi.

"Diharapkan kendala atau pun halangan selama penerapan PPKM sebelumnya untuk menjadi perhatian pemerintah daerah dan Satgas Penanggulangan Covid-19 di daerah, mengingat perpanjangan PPKM berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan PPKM mikro jilid ke lima serta perluasan berdasarkan parameter jumlah kasus aktif," kata Bambang, Rabu (21/4/2021).

Politikus Partai Golkar ini meminta pemerintah membantu 5 provinsi baru yang menerapkan PPKM dengan membuka dialog dan konsultasi dalam menyusun langkah-langkah awal pemberlakuan PPKM di daerahnya. Misalnya dengan melakukan pemetaan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT serta membentuk posko penanganan Covid-19 yang berfungsi sebagai pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Baca juga: Mendagri Terbitkan Instruksi Baru soal PPKM Mikro Tahap Keenam, Ini isinya

Di sisi lain, Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, juga meminta kepada setiap provinsi yang menerapkan PPKM level mikro agar berupaya seoptimal mungkin dalam melakukan pengendalian serta penanganan kasus aktif Covid-19 di wilayahnya melalui 3T (testing, tracing dan treatment).

"Di samping terus melakukan pengawasan di lapangan terhadap implementasi dari pelaksanaan PPKM level mikro tersebut," katanya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta pemerintah daerah di setiap provinsi yang menggelar PPKM level mikro agar dapat memastikan efektivitas maupun kinerja posko pelayanan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Ia berharap warga mendukung upaya pemerintah dengan disiplin melaksanakan perintah, instruksi, maupun larangan pemerintah, sehingga mampu mencapai target dalam mengurangi angka kasus aktif Covid-19 sekaligus mencegah meluasnya penularan Covid-19.

Baca juga: Diperpanjang 2 Minggu, PPKM Mikro Diperluas ke Lima Provinsi Ini

"Meminta pemerintah daerah di 25 provinsi yang menerapkan PPKM level mikro bersama Satgas Penanganan Covid-19 daerah, untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 5M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan), dengan begitu angka kasus aktif Covid-19 dapat ditekan atau diminimalisir," kata Ketua DPR RI masa bakti Periode 2014-2019 itu.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)