Moeldoko: Peradaban Bangsa Sekarang kok sepertinya Mundur

loading...
Moeldoko: Peradaban Bangsa Sekarang kok sepertinya Mundur
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko hari ini meninjau pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). FOTO/SINDOnews/Dita Angga Rusiana
DEPOK - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko hari ini meninjau pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Dalam kunjungannya tersebut ia mengatakan bahwa kampus tersebut harus menjadi pusat kajian bagi peradaban masyarakat Indonesia. Salah satunya untuk mengeksplorasi mengapa peradaban Indonesia cenderung mengalami kemunduran.

"Untuk itu saya juga berharap, menitipkan sebuah harapan kampus ini menjadi pusat kajian peradaban masyarakat Indonesia. Ini kita harus mengeksplorasi lagi kenapa bangsa dulu itu peradabannya begitu tinggi. Kok sekarang seperti mundur gimana ceritanya ini? Itu," katanya di UIII Depok, Selasa (20/4/2021).

Moeldoko mengatakan bahwa peradaban masyarakat Indonesia pada masa lalu tinggi. Moeldoko menyebutkan beberapa warisan peradaban masa lalu yang masih ada sampai sekarang. Mulai dari Borobudur, keris, wayang kulit dan lain-lain.

Baca juga: Pembangunan Dikebut, Perkuliahan UIII Ditargetkan Mulai September 2021

"Sudah peradaban tinggi. Tetapi aneh kita sekarang ini menghadapi sebuah rong-rongan. Dikit-dikit wah ini tidak sesuai dengan ajaran. Dikit-dikit ini tidak sesuai dengan ajaran. Ini apa-apaan ini," ungkapnya.

Selain itu, Moeldoko ingin agar UIII juga dapat dapat mengkoneksikan Islam dengan dunia luar.



"Jadi kampus ini tadi sebagai sebuah kajian, tempat kajian masyarakat ilmiah yang terkoneksi luar biasa. Berarti ini bisa bukan hanya Islam yang dipikirkan tetapi bagaimana mengkoneksikan Islam dengan dunia luar. Itu," ujarnya.

Baca juga: Menteri Basuki Kebut Pembangunan Tahap II Kampus UIII
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top