Ultah ke-69 Kopassus Digelar Tanpa Atraksi Militer

Jum'at, 16 April 2021 - 18:47 WIB
loading...
Ultah ke-69 Kopassus Digelar Tanpa Atraksi Militer
Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merayakan Hari Ulang Tahun ke-66, Jumat (16/4/2021) hari ini di Markas Komando yang berada di Cijantung, Jakarta Timur. Foto/MPI/Riezku Maulana
A A A
JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merayakan Hari Ulang Tahun ke-69, Jumat (16/4/2021) hari ini di Markas Komando yang berada di Cijantung, Jakarta Timur.

Perayaan kali ini digelar dengan suasana yang lebih sederhana dan tanpa ada atraksi militer dari prajurit Korps Baret Merah.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hassan menjelaskan, hal itu dikarenakan Indonesia tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang belum selesai.

"Dalam rangka kegiatan Kopassus ini, kita tidak melaksanakan kegiatan parade defile secara besar-besaran seperti biasa dan tidak ada demostrasi," ujar Hassan di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (16/4/2021).

Meskipun begitu, lanjut dia, perayaan HUT ke-69 Kopassus tahun ini tetap berjalan dengan penuh khidmat. Dirinya pun berharap, kesederhanaan tersebut tidak mengurangi rasa kekhusyukan para prajurit dalam memperingatinya.

Hassan menjelaskan, perjalanan dan pengabdian Kopassus selama 69 tahun telah menorehkan tinta emas dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Menurut dia, hal tersebut diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan yang cukup panjang, serta tidak mengenal lelah dari para pendahulu."Saat ini kita yang mengawaki Kopassus memiliki tanggung jawab untuk mewarisi nilai-nilai yang mereka telah tinggalkan pada kita dan meneruskan perjuangan, mengangkat nama baik Kopassus setinggi-tingginya," tuturnya.

Tantangan yang akan dihadapi dalam medan penugasan ke depan, sambung Hassan, tidak lah semakin mudah. Oleh karenanya, dalam menghadapi hal tersebut, dia menuntut kepada para prajuritnya untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan yang telah miliki.

"Kita tingkatkan sehingga mampu untuk menjawab semua tantangan yang diberikan kepada Kopasuss," ungkapnya.

Di akhir amanatnya, Hassan berpesan kepada para Kopassus untuk tetap setia kepada NKRI, pimpinan, kawan, hingga anak buah. Dia juga menekankan agar prajurit Kopassus dapat meningkatkan rasa rela berkorban demi kejayaan Indonesia.

"Bekerja dengan baik, hindari tindakan sekecil apapun yang akan merusak nama baik TNI, TNI AD, dan Kopassus. Pedomani sapta marga, sumpah prajurit, 8 wajib TNI dan janji prajurit komando dimana pun berada dan bertugas. Lebih baik pulang tanpa nama daripada gagal di medan laga," ucapnya.

Sekadar informasi, upacara peringatan HUT ke-69 Kopassus juga digelar secara serentak di empat titik berbeda secara daring, yakni di Markas Kopassus Grup 1 Serang, Grup 2 Kartosuro, Jawa Tengah, Pusdiklatpassus Batujajar, dan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)