Rawan Terimbas Bencana, Komisi III DPR Dukung Relokasi Lapas Padang

Senin, 12 April 2021 - 14:05 WIB
loading...
Rawan Terimbas Bencana, Komisi III DPR Dukung Relokasi Lapas Padang
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat, Minggu 11 April 2021. Kunjungan kerja dipimpin Wakil Ketua Komisi III asal Ahmad Sahroni.

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Padang.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi III mendapatkan penjelasan mengenai lokasi lapas yang sangat dekat dengan bibir pantai, yakni hanya sekitar 20 meter saja.

Lokasi lapas dinilai sangat berbahaya karena kontur tanah yang rendah dan rawan bencana. “Salah satu hal yang menjadi perhatian kami juga adalah terkait lokasi lapas yang terlalu dekat dengan bibir pantai. Ini berbahaya sekali karena Padang sendiri merupakan daerah yang rawan gempa, kalau sampai terjadi tsunami, ribuan napi bisa tewas. Sebelumnya, BPBD Padang juga sudah memberikan rekomendasi agar lapasnya direlokasi,” tutur Sahroni dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

Terkait usulan relokasi lapas, Sahroni menyebut Komisi III DPR sangat mendukung mengingat keselamatan para warga binaan adalah prioritas utama.

“Terkait rekomendasi untu relokasi ini, kami sebagai mitra kerja Kemenkumham tentunya mendukung penuh, karena keselamatan warga lapas adalah yang utama. Atau kalah tidak ada relokasi, setidaknya direnovasi, agar lapasnya bisa aman dan tahan bencana,” kata anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem ini.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)