Unboxing Tiongkok, Buku Menyibak Negeri Tirai Bambu dari Perspektif Indonesia

Jum'at, 09 April 2021 - 21:00 WIB
loading...
Unboxing Tiongkok, Buku Menyibak Negeri Tirai Bambu dari Perspektif Indonesia
Mantan Duta Besar RI untuk Tiongkok, Sugeng Rahardjo, meluncurkan buku Unboxing Tiongkok yang menyibak Negeri Tirai Bambu dari perspektif Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di tengah keterbatasan jumlah buku berbahasa Indonesia tentang Tiongkok yang ditulis oleh orang Indonesia dalam jagad perbukuan Nusantara, mantan Duta Besar RI untuk Tiongkok , Sugeng Rahardjo, menerbitkan bukunya tentang negara besar itu.

Buku yang diberi judul "Unboxing Tiongkok Sugeng Rahardjo-Belajar dari Tiongkok" itu di luncurkan dalam sebuah acara yang berlangsung di Resto Bengawan Solo, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, pada Jumat, 9 April 2021. Peluncuran buku ini dibantu para pegiat Al-Azhar Youth Leader Institute (AYLI), unit kepemudaan bidang pengembangan kepemimpinan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta ini, juga diisi sesi gelar wicara (talk show). Baca juga: Beijing Gudangnya Miliarder, Mengalahkan Kota Manapun di Dunia Termasuk New York

Sesi ini menghadirkan mantan Dubes RI untuk Tiongkok, Sugeng Rahardjo, dan sejumlah pembicara lain, seperti Iwan Santosa (jurnalis Kompas), Sariat Arifia (pegiat kaderisasi kepemimpinan -AYLI, pengusaha, dan penulis), serta Atman Ahdiat, Rahmad Nasution (jurnalis ANTARA) dan Ardi Bramantyo.

Sugeng Rahardjo menjelaskan, latar belakang yang mendorong dirinya menulis buku ini karena kemajuan pembangunan dan ekonomi Tiongkok dalam 30 tahun terakhir ini yang menyalip kemajuan bangsa barat selama 300 tahun selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas, terutama setelah Deng Xiaoping menerapkan kebijakan reformasi dan keterbukaan (opening-up and reform policy atau Gaige Kaifang) pada 1978.

"Keterbukaan tersebut menjadi ilham untuk judul buku ini Unboxing Tiongkok. Informasi yang terkandung dalam buku ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas bahwa membangun perekonomian negara memerlukan komitmen, disiplin, kerja keras, dan kesinambungan," katanya.

Menurut Sugeng, di antara keberhasilan Tiongkok yang perlu mendapat perhatian banyak bangsa, termasuk Indonesia, adalah pencapaian berkesinambungan pemerintah negara itu dalam penghapusan kemiskinan yang menjadi tantangan besar bangsa besar itu selama ini. Di tengah dinamika hubungan antarbangsa di tingkat regional dan global yang penuh tantangan yang tidak mudah saat ini, hubungan Indonesia dan Tiongkok justru terus menunjukkan tren peningkatan yang baik.

Pemerintah kedua negara bahkan telah pun berhasil meningkatkan kemitraan strategisnya yang disepakati pada 2005 menjadi kemitraan komprehensif strategis pada 3 Oktober 2013, kata mantan Dubes RI untuk Tiongkok periode 2014 -2017 ini.

Dalam perjalanan sejarah hubungan kedua bangsa dan negara, hubungan Indonesia dan Tiongkok tak luput dari pasang surut, dan bahkan pernah mencapai titik nadir saat pembekuan hubungan diplomatik di periode 1967 hingga 1990 karena terusik oleh peristiwa 30 September 1965.

Namun, di balik semua itu, akar hubungan kedua bangsa besar ini justru telah terjalin selama ribuan tahun. "Hal ini tercermin dari berbagai catatan yang ada di Tiongkok maupun peninggalan-peninggalan seperti saat muhibah Cheng Ho di berbagai wilayah di Indonesia", katanya.

Di tengah pandemi global Covid-19 yang memukul kesehatan publik dan ekonomi banyak negara di dunia, Sugeng memperkirakan bahwa Tiongkok akan menjadi negara yang terlebih dulu dapat recovery, baik dalam mengatasi Covid-19 maupun perekonomiannya. "Dalam mengatasi Covid-19, masyarakat Tiongkok memiliki sikap yang unggul, yaitu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, komitmen untuk mematuhi setiap protokol kesehatan, dan konsisten dalam melaksanakan anjuran aturan pemerintah," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)