Ini Penampakan F-18 Hornet yang Bermanuver di Laut Natuna

loading...
Ini Penampakan F-18 Hornet yang Bermanuver di Laut Natuna
Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan bahwasannya pesawat tempur F-18 Hornet diduga milik Amerika Serikat terbang rendah dan melintas di Laut Natuna Utara Kepulauan Riau. Foto/MNC Media
JAKARTA - Beredar sebuah video di media sosial yang menunjukkan bahwasannya pesawat tempur F-18 Hornet diduga milik Amerika Serikat terbang rendah dan melintas di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara Kepulauan Riau. Kejadian itu terjadi pada kemarin, Selasa (6/4/2021).

Menurut akun Twitter @jatosint pesawat tersebut berasal dari Kapal Induk Amerika Serikat Theodore Roosevelt. Baca juga: Pesawat Tempur Asing F-18 Hornet Terbang di Natuna, Begini Penjelasan TNI AU

"Video showing what appeared to be ???????? @USNavy F/A-18E/F Super Hornet from @TheRealCVN71 flying low above an ???????? offshore oil rig, Noth West of Natuna Island," tulis akun tersebut dikutip, Rabu (7/4/2021).

Akun tersebut juga menyampaikan bahwa pesawat F-18 sedang menjalani latihan dengan militer Malaysia di hari yang sama. Dari tangkapan layar yang diperjelas, terlihat F-18 tengah bermanuver ke arah kanan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menuturkan diperkirakan pesawat tempur itu berjenis F-18 Hornet. Pesawat tersebut terbang di atas Kapal Apung, Produksi, Penyimpanan dan Pembongkaran (FPSO) milik salah satu perusahaan minyak asal Indonesia.

Menurutnya, pesawat tersebut berada di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). "Hari Selasa (06/04/2021) pukul 16.15 WIB, di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, di atas FPSO (Floating, Production, Storage and Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh Perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mil di sebelah barat dari Kepulauan Natuna," kata Indan dalam keterangannya, Ranu (7/4/2021) sore.



Dia memastikan pesawat tersebut di luar wilayah teritorial dari Indonesia. Saat ini, sambungnya, pihak TNI AU tengah mendalami permasalahan tersebut bersama pihak terkait. Baca juga: Baca juga: Panglima TNI Letakan Batu Pertama Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Natuna "Disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," terangnya.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top