Wapres Tekankan 4 Hal Ini ke Para Da'i dalam Berdakwah

Minggu, 04 April 2021 - 18:51 WIB
loading...
Wapres Tekankan 4 Hal Ini ke Para Dai dalam Berdakwah
Wapres Maruf Amin berharap dalam dakwahnya para Da’i perlu terus mengajarkan tentang moderasi beragama dengan empat hal yang perlu menjadi perhatian. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap dalam dakwahnya para Da’i perlu terus mengajarkan tentang moderasi beragama. Menurutnya, ada empat hal yang perlu menjadi perhatian dalam menyebarkan ajaran tersebut.



Kemudian bingkai ketiga sosiologis melalui pendekatan sosio kultural dan kearifan lokal, dan bingkai yuridis dengan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Gunakanlah narasi dakwah yang rahmatan lil ‘alamin dengan manhaj yang wasathy. Metode dakwah yang digunakan harus menyesuaikan situasi masyarakat Indonesia yang beragam dan majemuk," ujarnya.

Tak hanya itu, tuturnya, para Da’i juga diharapkan dapat menjadi kekuatan komunitas yang mampu mendeteksi dini dan mengeliminasi pola pikir intoleran, egosentris kelompok, dan gerakan yang mengarah pada kekerasan. Selain itu, para Da’i juga harus mampu mengantisipasi kemajuan teknologi yang mempengaruhi pola pikir dan sikap masyarakat dan menjadi tantangan besar bagi aktivitas dakwah.

"Keberadaan organisasi IKADI saya harapkan dapat menjadi wadah yang solid untuk menyamakan persepsi dan pemikiran di kalangan para Da’i tentang substansi dan dakwah yang sejalan dengan teladan Rasulullah SAW sebagaimana yang telah saya uraikan tadi, demi kemaslahatan umat, bangsa dan negara," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3080 seconds (0.1#10.140)