Eks Menkes Siti Fadilah Prediksi Pendemi Terus Datang, tapi Bentuknya Berbeda

Jum'at, 26 Maret 2021 - 19:32 WIB
loading...
Eks Menkes Siti Fadilah Prediksi Pendemi Terus Datang, tapi Bentuknya Berbeda
Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, termasuk Indonesia. Sudah banyak korban berjatuhan akibat virus tersebut. Masyarakat pun dituntut untuk hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari memprediksi pandemi akan terus datang. Namun, bentuknya berbeda-beda. "Entah bentuknya seperti apa, kita enggak tahu, tapi akan ada lagi pandemi-pandemi yang berikutnya, ini ramalan saya. Mudah-mudahan salah," kata Siti Fadilah Supari dalam acara diskusi daring bertajuk Menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Sejak Dini bersama Funtastic, Jumat (26/3/2021).

Siti Fadilah mengatakan, yang paling penting saat pandemi datang adalah menjaga daya tubuh. Kata Siti, daya tubuh atau anti bodi harus kuat ketika pandemi datang.

Dia menjelaskan, daya tubuh yang tinggi bisa didapatkan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. "Berperilaku hidup bersih dan sehat selamanya, kemudian makannya baik, tidurnya baik, maka pada waktu pandemi datang virus tidak akan berhasil untuk membuat kita sakit, bayangkan kalau ini terjadi pada semua orang, maka kita harus persiapkan," ungkapnya.

Dalam diskusi itu juga hadir Yanne TW, jurnalis yang juga penulis buku berjudul Aku Anak Sehat dan Kuat. Yanne menjelaskan alasannya menyusun buku tersebut.

"Dalam buku saya ini, anak-anak itu tidak hanya mengenal apa sih itu virus Corona atau Covid-19 yang banyak diberitakan di media-media. Atau mungkin dari cerita orang tuanya, tapi saya ingin di buku 'Aku Anak Sehat dan Kuat' ini anak-anak itu juga tahu bagaimana cara melindungi dirinya sendiri," tuturnya.
Eks Menkes Siti Fadilah Prediksi Pendemi Terus Datang, tapi Bentuknya Berbeda

Yanne TW, penulis buku berjudul Aku Anak Sehat dan Kuat

Cara melindungi diri yang dimaksudnya, antara lain bagaimana mencuci tangan yang baik, kenapa mencuci tangan harus menggunakan sabun. Kemudian, kenapa tidak boleh memegang bagian tubuh yang lain kalau belum mencuci tangan, serta kenapa harus makan makanan 4 sehat 5 sempurna.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2533 seconds (0.1#10.140)