Indonesia Jadi Negara Nomor 7 Suntik Vaksin COVID-19 Terbanyak di Dunia

Jum'at, 26 Maret 2021 - 16:18 WIB
loading...
Indonesia Jadi Negara Nomor 7 Suntik Vaksin COVID-19 Terbanyak di Dunia
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara nomor 7 yang suntikan vaksin COVID-19 terbanyak di dunia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan ( Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia menjadi negara nomor 7 yang suntikan vaksin COVID-19 terbanyak di dunia. Padahal, saat ini hanya ada 5 negara yang bisa memproduksi vaksin COVID-19.

“Hanya ada 5 negara yang bisa produksi vaksin, Amerika, Inggris, Rusia, India sama China. Dan semua mereka melakukan acceptance, mereka embargo, mereka atur vaksinnya yang boleh keluar tuh berapa banyak. Jadi ini demand negara ini pasti tinggi,” ujar Budi dalam Manager Forum ke-55 secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Di luar 5 negara itu, Indonesia menjadi negara nomor 7 yang suntikan vaksin COVID-19-nya paling tinggi. “Tapi di luar lima negara ini, Indonesia tadinya nomor 20, naik nomor 15, naik ke nomor 10, sekarang kita udah nomor 7, nyusul Italia, Spanyol, United Arab Emirates, gitu ya. Sedikit di atas kita ada Prancis sama Chili. Mudah-mudahan saya bisa kerja cepat,” jelas Budi.

Negara selain yang memproduksi vaksin ada beberapa negara yang suntikan vaksin COVID-19-nya masih di atas Indonesia, yakni ada Israel, Jerman, Turki dan Brazil. “Di atas lagi ada dua negara yang suntikannya besar itu Israel sama Jerman. Itu mungkin masih bisa terkejar tuh. Di atasnya lagi ada Turki sama Brazil,” paparnya.

“Jadi itu adalah 6 negara yang masih suntikannya lebih banyak dari Indonesia. Dari berapa? Dari 165 negara di dunia dan mungkin 50-60 yang sudah bisa vaksinasi. Jadi kalau ada orang begini ya kita sudah menjadi 7 terbaik, sisa di luar yang punya vaksin,” sambung Budi.

Budi menuturkan bahwa dalam 2-3 minggu terakhir ini suntikan vaksin COVID-19 di Indonesia semakin cepat. “Berikutnya ini baru makin cepat di 2 minggu, 3 minggu terakhir. Kenapa? Sengaja kita atur demikian kenapa? Karena ini tergantung pada ketersediaan vaksinnya.” Baca juga: Menkes: Suntikan Vaksinasi COVID-19 Dosis 1 dan 2 Tembus 10 Juta

Bahkan, tambah Budi, suntikan vaksin COVID-19 di Indonesia sudah 500 ribu per hari. “Perlahan-lahan gradualist kita naik sekarang suntikannya sudah 500.000 per day. Kalau angka 10 juta itu, ini masalah vaksinasi adalah masalah ketersediaan vaksin, itu barang yang sangat langka direbutin di seluruh dunia,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)