Sinar BLU di Masa Pandemi

Senin, 22 Maret 2021 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Perkembangan BLU yang setiap tahun terus mengalami perkembangan positif tersebut merupakan hal yang menggembirakan. Bahkan, dalam satu tahun terakhir, BLU dianggap menjadi solusi untuk meningkatkan berbagai layanan pemerintah antara lain pengelolaan, pariwisata, lingkungan hidup, serta pengelolaan dana bencana. Meski demikian, pemerintah hingga kini juga tetap menjaga agar tidak terjadi komersialisasi pada BLU yang menimbulkan dampak negatif dari sisi akses pelayanan bagi masyarakat terutama bagi masyarakat yang tidak mampu.

BLU dan Optimalisasi Pelayanan Masyarakat

Pandemi Covid-19 harus menjadi pembelajaran untuk dapat segera melakukan adaptasi. Terlebih, layanan kepada masyarakat tidak boleh terputus dan justru makin diandalkan sehingga kecepatan pelayanan harus ditingkatkan dengan tetap menjaga akuntabilitas. BLU kesehatan seperti rumah sakit perlu terus meningkatkan pelayanan perawatan dan memberikan edukasi untuk mendukung percepatan penyelesaian pandemi. Selanjutnya bagi BLU pendidikan perlu memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik untuk menjaga kualitas SDM Indonesia agar tetap unggul dan berdaya saing. BLU dapat bersinergi untuk memberikan layanan publik terbaik yang affordable, available, dan sustainable dalam mendukung social safety net dan pembangunan infrastruktur dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Sinergi antar-BLU juga perlu diwujudkan dalam bentuk sharing ekonomi yang efisien dalam menyikapi tekanan ekonomi akibat pandemi.

Selama satu tahun terakhir, BLU dianggap menjadi solusi untuk meningkatkan berbagai layanan pemerintah antara lain pengelolaan, pariwisata, lingkungan hidup, serta pengelolaan dana bencana. Sebab itu, besar harapan masyarakat agar BLU mampu tetap memberikan pelayanan semaksimal dan sebaik mungkin dengan efisiensi biaya waktu dan proses bisnis, meski tidak mengutamakan profit. Semoga.
(war)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1486 seconds (0.1#10.140)