Kasus Virus B117 Bertambah, Menkes: 4 Lagi yang Terkonfirmasi

loading...
Kasus Virus B117 Bertambah, Menkes: 4 Lagi yang Terkonfirmasi
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya telah menemukan lagi 4 kasus yang terkonfirmasi virus COVID-19 dari mutasi UK B117. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya telah menemukan lagi 4 kasus yang terkonfirmasi virus COVID-19 dari mutasi UK B117. Sehingga total kasus COVID-19 dari mutasi B117 ada 6 kasus di Indonesia.

“Untuk varian baru yang dari London memang di luar dari yang 2 kemarin yang sudah kita identifikasi, hasil kerjasama lab antara Kemenkes dengan Kemenristek BRIN sudah menemukan 4 lagi yang terkonfirmasi,” ujar Menkes BGS dalam Konferensi Pers Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Tahap 3 secara virtual, Senin (8/3/2021). Baca juga: Pilih dan Pakai Masker dengan Benar Agar Terhidar dari Mutasi Corona B117

Keempat kasus tersebut pertama ditemukan di Palembang, Sumatera Selatan pada 11 Januari 2021. Kedua di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021. Ketiga di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 12 Februari 2021. Dan Keempat ada di Medan pada 28 Januari 2021.

“Ada yang satu di Palembang, Sumatera Selatan tanggal 11 Januari. Kemudian satu lagi juga ada di Kalimantan Selatan tanggal 6 Januari, ada 1 juga di Balikpapan Kalimantan Timur dari 12 Februari. Kemudian yang keempat itu yang ada di Medan 28 Januari,” ungkap Budi.



Menkes BGS mengatakan bahwa keempat kasus ini sudah dilakukan pengetesan. Dan keempatnya sudah sembuh. “Keempatnya ini sudah di tes positif, genome sequencingnya juga positif strain baru dari UK, namun mereka sudah sembuh, sudah sembuh dan sudah keluar,” kata Budi.

“Untuk tindak lanjutnya sekarang kita sedang melakukan surveilans terhadap kontrak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di genome sequencing,” sambungnya. Baca juga: Ingin Terhindar dari Mutasi Covid-19 B117 yang Lebih Cepat Menular? Begini Caranya!

Selain itu, Budi menambahkan bahwa saat ini untuk empat kasus yang baru ditemukan ini sekarang sudah dilakukan tracing. “Untuk yang 4 yang baru ini sedang kita lakukan tracing dan mudah-mudahan kita bisa segera mengetahui hasilnya,” tegasnya.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top