Kejaksaan Agung Telusuri Dugaan Peretasan Databasenya

Rabu, 17 Februari 2021 - 22:36 WIB
loading...
Kejaksaan Agung Telusuri Dugaan Peretasan Databasenya
Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menelusuri atas dugaan adanya peretasan database Kejagung yang tersebar di dunia maya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menelusuri atas dugaan adanya peretasan database Kejagung yang tersebar di dunia maya. Database tersebut pun telah diunggah pada kehttps://raidforums.com/. Peretas mengatasnamakan dirinya Gh05t666nero.

Dalam data yang diunggah oleh peretas terlihat data yang diretas adalah nama lengkap, nomor telepon, alamat email dengan domain @kejaksaan.go.id, jabatan, pangkat kepegawaian, hingga nomor pegawai.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung mengatakan tengah menelusuri adanya peretasan database Kejaksaan tersebut. Dia mengklaim telah melakukan antisipasi dengan melakukan perubahan password bagi pengguna. "Kejaksaan RI melalui Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Pusdaskrimti) sudah melakukan langkah antisipatif dengan mengimbau pengguna untuk mengganti password agar tidak terjadi penyalahgunaan aplikasi," kata Leonard dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Leonard menyebut pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap database milik tersebut dan tidak menemukan kesalahan database tersebut. Meski begitu dia masih melakukan pengecekan apakah data yang diretas merupakan data lama atau data baru. "Semua aplikasi dan sistem sudah dicek dan diketahui dalam keadaan normal. Selanjutnya Pusdaskrimti sedang menelusuri apakah hal ini merupakan data peretasan lama atau kasus baru," jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)