Ahli Epidemi: Siapa Bilang Rakyat Akan Berdamai dengan Covid-19?

Senin, 18 Mei 2020 - 05:52 WIB
loading...
Ahli Epidemi: Siapa Bilang Rakyat Akan Berdamai dengan Covid-19?
Tim Mojo Tanggap COVID-19 (MTC-19) berkeliling membawa replika keranda mayat korban Covid-19 ketika sosialisasi pencegahan Covid-19 dan masa PSBB di Mojo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 16 Mei 2020. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Hingga kini istilah hidup berdamai dengan virus Corona (Covid-19) masih menjadi perbincangan, setelah diucapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Menurut Jokowi, hidup berdamai dengan Covid-19 sampai ditemukannya vaksin yang efektif. Pernyataan Presiden sempat menimbulkan prokontra. Ada yang sependapat, adapula yang mempertanyakannya.

Pakar epidemiologi, Pandu Riono mengajak masyarakat untuk tidak lelah mencintai bangsa dengan tetap menjaga kebersihan dan selalu mengenakan masker.

"Siapa bilang rakyat Indonesia akan berdamai dengan Covid-19? Jangan pernah sekali-kali lelah, berhenti untuk mencintai, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah. Ayo bung kita selalu pakai masker bila berpergian, jaga kebersihan, hindari kerumunan, sebagai perilaku," kata Pandu melalui akun Twitternya, @drpriono, Minggu (18/5/2020).

Dalam postingannya, Pandu juga mengunggah gambar yang menunjukkan grafik kasus Covid-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

(Baca juga: Soal Jokowi Ajak Hidup Berdamai dengan Covid-19, Ini Maksudnya)

Dalam gambar tersebut, kasus Covid-19 di Indonesia masih menunjukkan grafik menanjak, meskipun sempat melandai untuk beberapa saat.

Sementara itu, terlihat beberapa negara yang sudah mengalami penurunan kasus Corona antara lain Singapura, Rumania, dan Polandia.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)