Iuran BPJS Kesehatan Naik, Bukti Kebijakan Putus Asa dari Penguasa

Sabtu, 16 Mei 2020 - 13:55 WIB
loading...
A A A
Desmond prihatin, di tengah kondisi mendesak ini, orang-orang di sekitar penguasa sepertinya justru diam saja menyaksikan itu semua, atau bahkan mungkin ada agenda untuk menjerumuskan Presiden.

Dia bahkan menyebut sosok seperti Menko Polhukam Mahfud MD misalnya, sesungguhnya bisa menjadi konsultan hukum bagi Presiden untuk mengingat langkah-langkah presiden dalam menjalankan kebijakannya yang tidak sesuai dengan aturan atau norma yang ada.

"Tetapi kita tidak tahu mengapa hal itu tidak dilakukannya," ucap Desmond.

Dari sisi Presiden sendiri, lanjut Desmond, nampaknya saat ini sudah pada tahapan tingkat kejenuhan yang tinggi dalam mengelola negara. "Utang yang bertambah terus, ekonomi yang melambat, banyaknya rakyat yang terkena PHK serta pandemi virus Corona yang tidak jelas kapan berakhirnya, barangkali telah membuat Presiden lelah pikirannya," ucap Desmond.

Dalam kondisi seperti ini ucap Desmond, barangkali patut juga dipertimbangkan saran dari MS Kaban, mantan menteri ketika SBY berkuasa. Dalam konferensi pers Presidium Nasional Majelis Permusyawaratan Bumiputra Indonesia (PN MPBI) di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (13/5/20) lalu, ia menyarankan agar Presiden Jokowi meniru langkah Presiden Soeharto jika tidak sanggup mengelola negara.

"Tetapi mungkinkah itu berani dilakukannya?" sindir Desmond.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)