KPK Sebut Dugaan Duit Suap Bansos Juga Mengalir ke Dirjen Linjamsos

Sabtu, 30 Januari 2021 - 12:34 WIB
loading...
KPK Sebut Dugaan Duit Suap Bansos Juga Mengalir ke Dirjen Linjamsos
Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri menyatakan ada dugaan Dirjen Linjamsos Kemensos Pepen Nazaruddin juga kecipratan duit suap dari tersangka kasus bansos Covid-19 Ardian Iskandar Maddanatja alias Ardian Maddanatja. Foto/antara
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) menduga Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) Kementerian Sosial ( Kemensos ) Pepen Nazaruddin telah menerima suap dari tersangka pemberi suap Ardian Iskandar Maddanatja alias Ardian Maddanatja.

Baca Juga: 400 Ribu Orang Sudah Disuntik Vaksin dari Target 181,6 Juta, APBN yang Bayarin

Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri menyatakan, penyidik telah menemukan sejumlah fakta baru dalam kasus dugaan suap pengadaaan paket bantuan sosial (bansos) sembako penanganan Covid-19 di Kementerian Sosial Tahun 2020 dengan nilai sekitar Rp5,9 Triliun dengan total 272 kontrak dan dilaksanakan dengan 2 periode. Fakta tersebut di antaranya, diduga ada pihak lain yang menerima suap selain tersangka yang telah ditetapkan. Satu di antaranya, ujar Ali, Dirjen Linjamsos Kemensos Pepen Nazaruddin.

"Diduga Dirjen Linjamsos, Pepen Nazaruddin telah menerima uang diduga suap dari tersangka AIM (Ardian Iskandar Maddanatja)," tegas Ali kepada SINDOnews di Jakarta, Sabtu (30/1/2021).

(Baca: Kasus Suap Bansos Covid-19, KPK Panggil Kabag Sekretariat Komisi VIII DPR)

Jaksa penuntut umum yang menangani sejumlah perkara ini menggariskan, guna pendalaman dan pengusutan dugaan penerimaan uang oleh Pepen Nazaruddin tersebut, maka penyidik telah memeriksa satu saksi yang merupakan anak buah Ardian. Orang tersebut yakni Nuzulia Hamzah Nasution. Nuzulia telah diperiksa penyidik sebagai saksi untuk tersangka Juliari Peter Batubara selaku Menteri Sosial dkk pada Senin (25/1/2021).

"Saat pemeriksaan saksi Nuzulia Hamzah Nasution, penyidik mengonfirmasi terkait adanya dugaan pemberian sejumlah uang oleh tersangka AIM kepada Pepen Nazarudin dan pihak-pihak lain di Kemensos," ujarnya.
Baca Juga: Arkeolog Israel Temukan Pewarna Ungu Masa Kerajaan Nabi Daud

Diketahui, Nuzulia Hamzah Nasution merupakan broker sekaligus staf PT Tiga Pilar Agro Utama atau PT Tigapilar Agro Utama (TPAU/TAU). Sedangkan Ardian Iskandar Maddanatja alias Ardian Maddanatja adalah Presiden Direktur PT Tiga Pilar Agro Utama (TPAU/TIGRA).
Baca Juga: Ditanya soal Abu Janda, Sekum PP Muhammadiyah: Agak Genit-genit Saja Gitu Lho

Ali melanjutkan, untuk pengembangan kasus ini maka penyidik juga telah menggeledah rumah Pepen Nazaruddin yang berada Prima Harapan Regency B4, Nomor 18, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (13/1/2021). Dia membeberkan, saat penggeledahan penyidik menyita berbagai dokumen sebagai alat bukti yang terkait dengan kasus Juliari dkk. Pada Rabu yang sama, Pepen juga diperiksa sebagai saksi.

Baca Juga: Kasus PT DI, KPK Cecar Sekjen DPR soal Pengadaan Helikopter di Setneg
"Untuk pemeriksaan tersebut, Penyidik mendalami pengetahuan Pepen Nazaruddin terkait proses dan tahapan dalam penentuan rekanan pelaksana proyek distribusi bansos di wilayah Jabodetabek tahun 2020 pada Kementerian Sosial," ungkap Ali.

(Baca: Broker Bansos Covid-19 Diperiksa, KPK Cecar Aliran Suap ke Dirjen Linjamsos)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)