Rektor IPB University Mendukung Penuh Program Data Desa Presisi

loading...
Rektor IPB University Mendukung Penuh Program Data Desa Presisi
Rektor IPB University, Profesor Arif Satria secara simbolik menyerahkan hasil data desa presisi Desa Pantai Bakti, Muaragembong, Bekasi kepada Mensos, Tri Rismaharini di Kantor Desa Pantai Bakti, Jumat (22/1/2021) kemarin. Foto/Istimewa
BEKASI - Rektor IPB University , Profesor Arif Satria secara simbolik menyerahkan hasil data desa presisi Desa Pantai Bakti, Muaragembong, Bekasi kepada Menteri Sosial ( Mensos), Tri Rismaharini di Kantor Desa Pantai Bakti, Jumat (22/1/2021) kemarin.

Arif menyatakan keakuratan data desa penting sebagai basis perencanaan desa. Hasil data ini salah satunya akan menjadi panduan Kementerian Sosial (Kemensos) saat menyalurkan kebijakan bantuan sosial agar tepat sasaran. Baca juga: Risma: Membangun Indonesia Harus melalui Data Desa Presisi

"Semoga program data desa presisi ini dapat menjadi inspirasi bagi pembangunan nasional yang dimulai dari desa," ujar Arif.

Kepala LPPM IPB University, Dr Ernan Rustiadi yang turut mendampingi mengatakan program data desa presisi merupakan bentuk bakti dan dukungan dari IPB University kepada masyarakat desa.



"LPPM IPB University bertugas mendukung penuh dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian termasuk diantaranya program Data Desa Presisi ini," ujar Ernan.

Menurutnya, data desa presisi mengkombinasikan data numerik, data spasial dan peran teknologi serta partisipasi aktif masyarakat. "Sehingga kita tidak lagi berpolemik tentang berapa jumlah orang miskin, berapa yang putus sekolah, orang yang sakit dan lainnya," kata Ernan.

Sementara itu, Kepala Desa Pantai Bakti, Manan mengucapkan apresiasi atas dukungan penuh IPB University sehingga desanya bisa memiliki data desa presisi. "Data ini menjadi impian kami dan saya yakin ini juga impian seluruh desa di Indonesia. Semoga kita dapat manfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujar Manan.



Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Soleman mengungkapkan data presisi yang dihasilkan IPB University sangat diperlukan bagi pembangunan desa di Kabupaten Bekasi. Sebab inti dari pembangunan adalah data. Dengan data yang lengkap dan akurat maka pilihan tindak lanjut akan tepat. Baca juga: Peneliti IPB Serahkan Data Desa Presisi Kepada Mensos Tri Rismaharini

"Saya melihat IPB banyak berkiprah dan sangat peduli terhadap pembangunan desa. Inovasi ini akan kita fasilitasi. Kita kolaborasikan dengan berbagai aplikasi yang sudah Pemkab ciptakan untuk saling mengisi," ujar Soleman.
(kri)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top