Menteri Digital ASEAN Sepakati Kerangka Kerja Sama dengan 3 Mitra

Sabtu, 23 Januari 2021 - 10:14 WIB
loading...
Menteri Digital ASEAN Sepakati Kerangka Kerja Sama dengan 3 Mitra
Menkominfo Johnny G Plate menyatakan dukungan dan peran tiga negara mitra strategis diperlukan dalam implementasi ASEAN Digital Masterplan 2025. FOTO/DOK.KEMKOMINFO
A A A
JAKARTA - Menteri Digital ASEAN menyepakati kerangka kerja sama bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan tiga mitra strategis ASEAN , yaitu Amerika Serikat, Tiongkok dan India.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan dukungan dan peran tiga negara mitra strategis itu diperlukan dalam implementasi ASEAN Digital Masterplan 2025 yang baru saja diluncurkan.

"United States-ASEAN Business Council atau US-ABC menyampaikan pandangannya terhadap tren ekonomi digital selama pandemi dan para Menteri ASEAN sepakat mengadopsi 2021 ASEAN-US ICT Work Plan," katanya usai dialog virtual bersama para menteri digital ASEAN dengan perwakilan Amerika Serikat, Tiongkok dan India dalam rangkaian 1st ASEAN Digital Ministers' Meeting (ADGMIN) dari Jakarta, Jumat (22/01/2021).



Menurut Menteri Johnny, kesepakatan tersebut menjadi komitmen bersama untuk mempercepat implementasi inisiatif-inisiatif ASEAN dan Amerika Serikat dalam kerangka pengembangan teknologi digital.

"Di mana di dalamnya termasuk program USAID's ASEAN Ignite dan program implementasi yang dapat mempercepat implementasi inisiatif-inisiatif ASEAN-US," tegasnya.

Mengenai Kemitraan Strategis ASEAN-Tiongkok, Menteri Kominfo menyatakan lingkup kerja sama di bidang digital mencakup beberapa isu dan platform teknologi, termasuk pengembangan smart city dan transformasi digital.

"Kemitraan Strategis ASEAN-Tiongkok sangat erat di bidang digital. Kami berdiskusi tentang beragam isu, termasuk penggunaan teknologi selama pandemi, deployment 5G, Artificial Intelligence, industrial internet, keamanan siber, smart city, dan transformasi digital," katanya.



Menurut Menteri Johnny, para menteri digital ASEAN sepakat terus melanjutkan kemitraan dengan Tiongkok dilanjutkan dengan mengacu kesuksesan 2020 ASEAN-China Year of Digital Economy Cooperation.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)