Putus Mata Rantai Corona lewat Teknologi Sinar Lampu UV-C

Jum'at, 17 April 2020 - 13:12 WIB
loading...
Putus Mata Rantai Corona lewat Teknologi Sinar Lampu UV-C
Peralatan sinar lampu UV-C yang digunakan untuk membantu menekan penyebaran virus Corona dan melakukan sterilisasi kamar pasien. Foto/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Saat ini virus Corona menjadi musuh bersama banyak negara dunia, tanpa terkecuali Indonesia. Tenaga kesehatan, baik di Indonesia dan beberapa negara yang terjangkit Covid-19 sebagai garda terdepan tengah berjibaku menyelamatkan pasien terjangkit virus tersebut.

Berbagai cara telah dilakukan untuk membasmi Covid-19, salah satunya melalui teknologi sinar lampu UV-C. Saat ini rumah sakit di China, London, dan Amerika Serikat sudah menggunakan lampu UV-C untuk melawan virus Covid-19.

Selain rumah sakit, beberapa bandar udara di Amerika Serikat, China dan Rusia juga menggunakan lampu UV-C untuk mensterilisasi virus di transportasi umum.

"Lampu Sinar UV-C dari UV Care telah terbukti mampu membunuh 99,9 persen virus dan bakteri, hingga virus kuat sekaligus seperti H1NI1, MERS dan SARS. SARS merupakan virus yang memiliki pathogen dan satu lini dengan Covid-19. Sinar UV-C dari UV Care ini mampu membunuh virus SARS yang lebih kuat dan memiliki presentase fatal yang lebih tinggi dari pada Covid-19. Jadi dengan adanya UV-C ini semoga bisa membantu mengurangi penyebaran Covid-19 dengan sterilisasi kamar pasien," ujar Direktur Utama PT Roswell Mitra Perkasa, Caroline Victoria, Jumat, (17/4/2020).

Caroline menuturkan, UV-C sudah mendapatkan sertifikasi dari badan kesehatan dunia World Health Organization, CDC, Public Health England, menjadi partner di Chinese General Hospital, dan berbagai rumah sakit di Thailand dan Filiphina yang resmi untuk menangani Covid-19.

Untuk itu, UV Care Indonesia sebagai pemegang lisensi berkomitmen untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mendonasikan pinjaman UV Care General Sterilizer untuk Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet.

"Kami dari PT Roswell Mitra Perkasa ingin membantu mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus ini langsung di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kepercayaan untuk menggunakan alat general sterilizer UV Care di Wisma Atlet," ucap Operational Manager PT Roswell Mitra Perkasa, Erika Kristini W. ( )

Sementara itu, Tim Kesehatan Tanggap Darurat Wisma Atlet yang diwakili Kepala Tim Logistik Wisma Atlet, Kolonel Waseso mengucapkan terima kasih karena PT Roswell Mitra Perkasa telah bersedia menyediakan lampu UV-C di Indonesia, untuk membantu memutus transmisi di zona merah Wisma Atlet.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT Roswell Mitra Perkasa, semoga dengan adanya donasi ini kerja kita semakin cepat untuk memutus transmisi virus Covid-19 di area Zona Merah Wisma Atlet. Dengan adanya alat sterilisasi dengan lampu UV-C ini, kerja kita semakin cepat dan mudah dalam mensanitasi, dan mensterilisasi ruangan kamar pasien Covid-19," tutur Kolonel Waseso.

Selain itu, Kolonel Waseso juga mengatakan, nantinya General Sterilizer ini akan digunakan untuk mensterilisasikan ruangan pasien yang sudah selesai menjalani masa karantina di Wisma Atlet, serta mensterilisasikan ruangan praktik dokter maupun ruangan medis lainnya.

"Nanti kami akan menggunakan alat sterilisasi ini untuk ruangan medis, kamar pasien yang sudah selesai karantina di Wisma Atlet. Dengan begitu, diharapkan dapat memutus penyebaran Covid-19 disini serta ruangan yang telah disteril bisa digunakan Kembali untuk pasien yang baru," ujar Kolonel Waseso.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)