Kamala Harris Diambil Sumpah Sebelum Joe Biden? Ini Penjelasan Imam Shamsi Ali

Kamis, 21 Januari 2021 - 10:02 WIB
loading...
Kamala Harris Diambil Sumpah Sebelum Joe Biden? Ini Penjelasan Imam Shamsi Ali
Pengambilan sumpah Kamala Harris sebagai Wapres Amerika Serikat di Gedung Capitol, Rabu (20/1/2021). FOTO/Andrew Harnik/The Associated Press via The Seattle Times
A A A
JAKARTA - Kamala Devi Harris telah resmi menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat perempuan pertama sekaligus berkulit hitam dan keturunan Asia-Amerika. Namun, yang menarik, pengambilan sumpah ini dilakukan sebelum Presiden Joe Biden di Gedung Capitol.

Baca juga : Ini Tiga Perkara yang Bikin Industri Mamin Jadi Kurang Lezat

Berbeda dengan di Indonesia yang biasanya pengambilan sumpah untuk Wakil Presiden dilakukan setelah pengambilan sumpah Presiden. Lalu, apa maknanya?

Baca juga : Pedagang Daging Ngaku Rugi Rp200 Juta dalam Dua Bulan

Imam Besar Islamic Center of New York sekaligus Presiden Nusantara Foundation, Muhammad Shamsi Ali menjelaskan, pengambilan sumpah Wakil Presiden Kamala Harris terlebih dahulu hanya masalah teknis.

Baca juga: Imam Shamsi Ali: Ada Harapan Keadilan bagi Muslim di AS Setelah Ganti Presiden

"Saya kira itu hanya masalah teknis, karena Kamala menjadi Wakil Presiden wanita dan ingin dilantik oleh seorang Hakim wanita," kata Imam Shamsi dalam dialog virtual Bincang-bincang tentang Biden-Harris, Kamis (21/1/2021).

Baca juga : Buum! Tiga Tahun Lagi Industri Pertahanan Indonesia Masuk 50 Besar

Untuk diketahui, dalam pengambilan sumpah Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS dipandu oleh Hakim Agung Amerika Serikat Perempuan Pertama, Sonia Sotomayor. "Beliau (Kamala) adalah wanita pertama yang menjadi wakil presiden (yang berkulit) hitam dan (berdarah) Asia Selatan. Dan yang menjadi hakim juga wanita pertama keturunan Hispanik yang menjadi hakim agung di Amerika Serikat," ungkap Imam.

Baca juga : Pelantikan Biden Digadang-gadang Bawa Perbaikan Ekonomi Global

"Jadi ini mungkin masalah teknis, sehingga beliau dilantik secara terpisah. Kenapa duluan? Karena Presiden adalah gongnya, jadi puncak acaranya kira-kira begitu," kata Imam Shamsi.

Baca juga: Joe Biden Dilantik Jadi Presiden, Muslim Jangan Takut Masuk Amerika Serikat


(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1449 seconds (11.252#12.26)