Wapres AS Kamala Harris Apresiasi Kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023

Rabu, 06 September 2023 - 21:51 WIB
loading...
Wapres AS Kamala Harris Apresiasi Kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023
Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres AS) Kamala Harris menyampaikan, soal apresiasinya atas kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023, Rabu (6/9/2023). Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres AS) Kamala Harris menyampaikan apresiasinya atas kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023. Ia menilai kepemimpinan Indonesia telah menjadikan ASEAN sebagai prioritas untuk memberikan hasil nyata dengan penekanan khusus pada pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikannya saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023.

"Indonesia adalah mitra dan teman penting bagi Amerika Serikat. Kami memiliki persahabatan dan hubungan jangka panjang yang membantu meningkatkan kemakmuran dan keamanan bagi negara kami dan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ucap Kamala Harris dikutip dalam rilis resmi Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023).



Kemudian pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa Amerika Serikat merupakan mitra strategis yang komprehensif bagi ASEAN.

"Sebagai mitra strategis yang komprehensif, posisi AS makin berkembang demi keberhasilan KTT ASEAN, termasuk memastikan relevansi KTT Asia Timur," ujar Presiden.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan bahwa Presiden Jokowi dan Wakil Presiden AS membahas mengenai penyusunan rencana aksi yang konkret dalam mewujudkan kemitraan strategis komprehensif.

"Di dalam pertemuan bilateral antara Bapak Presiden dengan Vice President Harris disampaikan, dibahas mengenai rencana pembentukan kemitraan strategis komprehensif Indonesia-Amerika yang diusulkan Amerika Serikat dan juga penyusunan rencana aksinya secara bersama," kata Menlu.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Presiden juga mendorong perluasan akses pasar melalui skema generalized system of preferences (GSP) serta realisasi kerja sama rantai pasok yang telah disepakati sebelumnya.

"Juga pembentukan critical minerals agreement,CMA untuk kerja sama terkait dengan critical minerals dan realisasi dari kerja sama just energy transition partnership," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)