Ikuti KTT ASEAN, Wapres Amerika dan PM Australia Tiba di Indonesia

Rabu, 06 September 2023 - 06:56 WIB
loading...
Ikuti KTT ASEAN, Wapres Amerika dan PM Australia Tiba di Indonesia
Wapres Amerika Serikat Kamala Harris disambut Menkes Budi Gunadi Sadikin saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (5/9/2023) malam. FOTO/BIRO PERS SETPRES
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese telah tiba di Indonesia pada Selasa (5/9/2023) malam. Kehadiran keduanya untuk mengikuti serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Conventional Center (JCC) pada hari ini.

PM Anthony Albanese bersama pendamping dan delegasi mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 20.15 WIB. Rombongan dari Australia disambut Direktur Konsuler Kementerian Luar Negeri, Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno. Selanjutnya, PM Albanese beserta delegasi langsung meninggalkan bandara untuk melanjutkan kegiatan lainnya.

Tak lama setelah itu, Wapres Amerika Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sekitar pukul 22.00 WIB. Kamala dan delegasi disambuat oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Ikuti KTT ASEAN, Wapres Amerika dan PM Australia Tiba di Indonesia

PM Australia Anthony Albanese bersama pendamping tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (5/9/2023) malam. FOTO/BIRO PERS SETPRES

Wapres Kamala Harris dan PM Anthony dijadwalkan mengikuti rangkaian KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di JCC pada Rabu (6/9/2023). Sebelumnya, para kepala negara dalam plenary session KTT ke-43 ASEAN memutuskan mengubah nama Gedung ASEAN Sekretariat menjadi ASEAN Headquarters atau Markas Besar ASEAN. Hal ini guna memperkokoh organisasi di kawasan Asia Tenggara itu.

"Sejalan prioritas penguatan ASEAN ini para pemimpin ASEAN memutuskan untuk mengubah nama ASEAN Sekretariat menjadi ASEAN Headquarters atau Markas Besar ASEAN. Semua leaders menyepakati mengganti nomenklatur tersebut karena sekali lagi para leaders sepakat memperkokoh Sekretariat ASEAN," kata Menlu Retno Marsudi, Selasa (5/9/2023).

Dalam pertemuan, kata Retno, semua leaders mengapresiasi Keketuaan Indonesia atas banyaknya capaian yang diraih meski dalam situasi sulit. "Tadi saya sampaikan komitmen pemimpin masalah persatuan sentralisasi upaya menjaga perdamaian diperkokoh kembali dan saya melihat komitmen itu menjadi kokoh saat pertemuan tadi,"ucapnya.

Kemudian dalam pertemuan pleno itu, para leaders juga mencatat visi masyarakat ASEAN 2045 yang sudah di endorse sebelumnya oleh Menlu ASEAN. Adapun rapat itu turut mengadopsi 11 dokumen di antaranya ASEAN Concord ke-IV hingga ASEAN Matters di mana para leaders diminta untuk mengadopsi deklarasi mengenai ASEAN Human Right Dialog.

"Ini adalah satu hal yang baru yang juga merupakan capaian Indonesia. Indonesia berkomitmen untuk memajukan, promosi dan proteksi hak asasi manusia. Oleh karena itu kita ingin agar dialog HAM ASEAN dilakukan secara reguler dan ini diadopsi oleh para leaders,"ucapnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)