Hari Jadi ke-48 PDIP Angkat Tema Lingkungan, Pengamat: Dorong Green Policy

Jum'at, 08 Januari 2021 - 21:25 WIB
loading...
Hari Jadi ke-48 PDIP Angkat Tema Lingkungan, Pengamat: Dorong Green Policy
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Foto/dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI), Eko Sakapurnama mengapresiasi langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menerapkan politik lingkungan.

(Baca juga : Perkawinan Militer-Santri Sering Gagal, Bagaimana Peluang AHY-Cak Imin di 2024? )

Terlebih, kata dia, komitmen merawat lingkungan dikampanyekan bersamaan dengan hari jadi partai ke-48 yang mengambil tema Cinta Ciliwung Bersih.

"Ke depan, kita harus mendorong pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals-red) atau pembangunan berkelanjutan dan upaya mencapai goals ini bukan cuma tugas pemerintah. Jadi kalau parpol juga berinisiasi untuk pencapaian SDGs, sangat bagus," kata Eko saat dihubungi, Jumat (8/1/2021). ( )

Eko menganggap, sebagai sebuah partai politik, PDIP sudah melakukan terobosan dengan tema yang sebenarnya harus dipikirkan matang-matang oleh seluruh pemangku kepentingan bangsa ini.

Dia menganggap fokus PDIP ini sangat penting bagi kelanjutan bangsa dan generasi selanjutnya. "Saat ini, bumi kita telah dieksploitasi lebih cepat daripada bumi merestorasi lingkungannya. Telah terjadi ecological divide," jelas dia.

(Baca juga : Sepanjang 2020 Benih Lobster yang Gagal Diselundupkan Dekati Sejuta Ekor )

PDIP merupakan partai politik besar yang memiliki kekuatan di legislatif dan eksekutif, termasuk Presiden Joko Widodo sebagai kader. Karena itu, peneliti Center For Innovation and Governance (Cigo) FIA UI itu mengharapkan kebijakan prolingkungan hidup ini bisa menjadi terapan untuk mereka yang memiliki kewenangan di pemerintahan maupun di dewan.

"Kemungkinan akan banyak mendorong green policy yang mendukung keseimbangan lingkungan dengan sosial-ekonomi manusia," kata Eko.

(Baca juga : SPI Ungkap Calon Kapolri Ideal Sesuai Kebutuhan Negara Saat Ini )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)