Pimpinan DPR Sebut Belum Ada Agenda Uji Kelayakan Calon Kapolri

loading...
Pimpinan DPR Sebut Belum Ada Agenda Uji Kelayakan Calon Kapolri
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin mengatakan belum ada agenda uji kelayakan calon Kapolri. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah mengantongi satu nama yang akan dicalonkan sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis ke DPR RI. DPR pun diisukan telah pasang kuda-kuda dengan mengagendakan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri sebelum masa sidang dibuka pada 11 Januari pekan depan.

(BACA JUGA : Jokowi Diyakini Hanya Setor Satu Nama Calon Kapolri ke DPR )

Menanggapi berbagai isu tersebut, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin memastikan bahwa isu itu tidak benar. “Belum tuh (mengagendakan uji kepatutan calon Kapolri),” kata Azis kepada SINDOnews di Jakarta, Kamis (7/1/2021). (Baca juga: Habib Umar Berharap Calon Kapolri Bisa Merangkul Semua Ulama)

Menurutnya, DPR belum mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri, karena DPR sendiri belum melakukan rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama pimpinan fraksi di DPR untuk menentukan agenda tersebut. “Belum Bamus,” terang politikus Partai Golkar ini. (Baca juga: Istana Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Pekan Depan)

Pimpinan DPR Sebut Belum Ada Agenda Uji Kelayakan Calon Kapolri




Adapun kabar bahwa Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang hendak bertemu Ketua DPR Puan Maharani guna menyerahkan usulan calon Kapolri sebelum masa sidang DPR, Azis mengaku belum ada agenda terkait hal itu. “Belum ada (agenda pertemuan Pratikno dan Puan),” jawab mantan Ketua Komisi III DPR itu.

(BACA JUGA : Swab Test PCR Berulang, Pebulutangkis Indonesia Mulai Tak Nyaman )

Sebelumnya, santer kabar bahwa Jokowi sudah memilih Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar untuk menjadi Kapolri selanjutnya. Bahkan, DPR pun sudah mengetahui hal itu dan DPR sudah mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri sebelum usulan resmi diterima DPR.
(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top