Istana Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Pekan Depan

Kamis, 07 Januari 2021 - 10:01 WIB
loading...
Istana Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Pekan Depan
Istana Kirim Nama Calon Kapolri ke DPR Pekan Depan. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan bahwa Surat Presiden (Surpres) terkait usulan calon Kapolri akan dikirim Istana ke DPR RI pada pekan depan. Karena, pada 11 Januari 2021, DPR akan membuka Masa Sidang III Tahun 2020-2021.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku bahwa hingga hari ini, DPR belum menerima Surpres terkait usulan calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis . "Sampai hari ini belum (Surpres calon Kapolri)," kata Dasco kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Namun, Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini memprediksi bahwa surat itu akan tiba di DPR pada pekan depan, mengingat DPR akan membuka masa sidang pada minggu depan. "Mungkin minggu depan," ujarnya.

( ).

Soal calon Kapolri yang akan diusulkan oleh Jokowi, anggota Komisi III DPR ini mengaku belum mengetahuinya, karena Surpres pun belum sampai di DPR RI . "Belum tahu," jawab Dasco.

(Baca Juga : Masyarakat Butuh Kapolri yang Paham Demokrasi )

Terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar juga mengaku belum menerima Surpres terkait usulan calon Kapolri dari Istana. "Belum ada (surat)," kata Indra, Rabu (6/1/2021).

( ).

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman menyebut ada beberapa jenderal bintang 3 yang menjadi calon kuat yang digadang-adang menjadi orang nomor satu di institusi Polri. "Ada beberapa sosok pati senior yang saat ini santer isunya jadi kandidat. Ada yang jago di bidang serse, ada yang jago di humas, ada juga yang lama di bidang pemeliharaan kamtibmas," kata Habiburokhman.

Sebelumnya diberitakan, ada empat nama jenderal bintang 3 sebagai calon kuat Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Azis. Mereka yakni Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto, dan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9058 seconds (0.1#10.140)