Haedar Nashir: Untuk Bangkit, Pemerintah Harus Berani Buat Kebijakan Ekonomi yang Adil

Sabtu, 02 Januari 2021 - 06:10 WIB
loading...
Haedar Nashir: Untuk Bangkit, Pemerintah Harus Berani Buat Kebijakan Ekonomi yang Adil
Ketua Umum PP Muhammadiyah meminta pemerintah berani membuat kebijakan ekonomi yang adil. Foto/youtube
A A A
JAKARTA - Muhammadiyah meminta pemerintah bekerja keras untuk membuat kebijakan-kebijakan agar ekonomi Indonesia dapat bangkit ditengah pandemi covid-19. Semua pihak pun harus optimistis dan percaya Indonesia mampu bangkit dan keluar dari dampak pandemi Covid-19 .

"Seluruh kekuatan bangsa di tubuh pemerintah harus bekerja keras bagaimana di 2021 kebijakan-kebijkaan ekonomi harus membuat kita bangkit," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam refleksi akhir tahun 2020 yang disiarkan di YouTube Muhammadiyah Channel, Jumat (1/1/2020).

(Baca: Muhammadiyah Minta Pemerintah Terbuka soal Vaksin Covid-19)

Haedar juga meminta pemerintah agar mengajak para ahli ekonom dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi akibat pandemi covid-19. "Banyak para ahli ekonom yang harus dilibatkan bagaimana mencari solusi," jelasnya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga harus membuat kebijakan-kebijakan yang komprehensif yang bukan sekedar untuk kebijakan afirmatif biasa yang hanya mengangkat UMKM dan ekonomi rakyat-rakyat secara biasa-biasa. Tapi harus lebih progresif dan ada akselerasi agar kesenjangan dapat dipecahkan.

"Saya percaya mereka yang menguasai akses ekonomi dan kekuatan ekonomi, atau minoritas yang menguasai kekayaan Indonesia mau berbagi dengan semangat persatuan Indonesia, semangat keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan nilai-nilai Pancasila yang luhur serta kebudayaan Indonesia," ungkapnya.

(Baca: Haedar Nashir: Siapapun di Republik Ini Tidak Boleh Melanggar HAM)

Sebaliknya Haedar yakin sangat kecil jumlah kelompok yang menguasai hajat orang hidup banyak dan kekuatan ekonomi namun tidak peduli pada kepentingan rakyat. Untuk itu negara harus berani dan adil dalam permasalahan ekonomi.

"Saya yakin jika semua bersungguh-sungguh punya political will yang kuat dan didukung oleh kebersamaan maka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan lebih tampak berwujud secara nyata," pungkasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)