Perjuangan Tanpa Lelah Relawan Covid-19 Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi

Kamis, 31 Desember 2020 - 21:23 WIB
loading...
A A A
Proses edukasi melalui e-book yang melibatkan belasan dokter spesialis dan berkolaborasi dengan lembaga sosial lainnya terus dilakukan. Juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah. Bersama sejumlah kawannya yang berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Arya gencar mengedukasi masyarakat Cilehon untuk menerapkan pola hidup sehat, mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menjadi penyebaran virus Covid-19.

Arya pun menaruh harapan besar kepada masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan. Jika terpaksa harus keluar rumah, Arya meminta kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker, dan menjaga jarak satu dengan lainnya. Apalagi, pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir. ”Kita masih akan berdampingan dengan Covid-19. Kami juga berharap masyarakat memanfaatkan aplikasi yang kami kembangkan ini. Semoga apa yang kami ciptakan ini bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat ataupun pihak lain,’’paparnya.

Aplikasi EndCorona diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Pada situasi dan kondisi saat ini masyarakat membutuhkan informasi mengenai penyakit Covid-19. Mudah-mudahan aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusi dan upaya bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”ujar Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB.

Dekan Fasilkom UI, Dra. Mirna Adriani, Ph.D, menambahkan, EndCorona dapat menjadi contoh kerja sama multidisiplin antar fakultas serta menunjukkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi tulang punggung masyarakat untuk membantu meredam kegelisahan masyarakat. “Diharapkan melalui aplikasi ini, UI turut berkontribusi membantu negara di dalam menyelesaikan permasalahan terkait wabah Covid-19,”tegasnya.

Banyak pihak yang memberikan apresiasi dan dukungan atas ketulusan anak-anak muda tersebut dalam berjuang mengatasi pandemi Covid-19. Salah satunya melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang pada tahun ini berusia 11 tahun.

"Sebagian dari kita mungkin selama ini menganggap berbagi hanya bisa dilakukan saat kita punya uang. Tapi ternyata banyak yang dilakukan anak-anak muda dalam memerangi COVID-19 bemanfaat bagi masyarakat sekitanya. Kami yakin di luar sana banyak anak muda berjuang tanpa pamrih seperti mereka. Pada akhirnya kita tahu berbagi tak diukur dari nominal melainkan soal ketulusan hati,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.
(ton)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)