PKS Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Penanganan Corona

Kamis, 17 Desember 2020 - 19:19 WIB
loading...
PKS Sebut Kolaborasi Jadi Kunci Penanganan Corona
Sudah lebih dari 9 bulan pandemi Corona di Indonesia. Namun, kasusnya terus meningkat drastis beberapa kebijakan dan strategi sudah dikeluarkan pemerintah. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sudah lebih dari 9 bulan pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Namun, kasusnya terus meningkat secara drastis beberapa kebijakan dan strategi sudah dikeluarkan demi mencegah penyebaran virus Corona. Termasuk meningkatkan kesadaran publik dalam mematuhi protokol kesehatan.

(Baca juga: Belasan Calon Bintara Polri Kena Covid-19, SPN Batua Gelar Pendidikan Daring)

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani mengatakan kunci keberhasilan pandemi tidak hanya dilakukan hanya pemerintah saja. Kuncinya yaitu kolaborasi bersama, termasuk peran masyarakat dalam menekan dan mencegah penyebaran Covid-19.

(Baca juga: Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, Bupati Gowa Tegaskan Sekolah Masih Daring)

"Salah satu keberhasilan penanganan yaitu skenario kolaborasi penanganan secara optimal," ujar Netty dalam diskusi bedah Buku Putih Penanganan Covid-19 di Indonesia, Kamis (17/12/2020).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjelaskan, ada dua faktor utama yang bisa menentukan keberhasilan penanganan pandemi yaitu tata kelola pemerintahan yang baik dan solidaritas masyarakat informasi.

Menurutnya, kehadiran buku tersebut bukan sekadar bacaan. Lebih dari itu, sebagai upaya PKS membantu mengatasi permasalahan pandemi melalui tawaran ide atau gagasan solusi yang bisa menjadi pertimbangan bagi pemerintah.

"Ini tradisi membangun literasi, bukan sekedar bacaan tapi juga membangun ide, solusi bagi penanganan pandemi. Buku ini menjadi bukti bahwa PKS menyuarakan gagasannya. Selain menjadi sumber literasi dan informasi bagi masyarakat, tapi juga sebagai respon dari PKS dari situasi dalam membantu penanganan Covid-19," jelas dia.

Ia menegaskan, kesehatan adalah leading sector di tengah kondisi pandemi saat ini. Lantaran itu, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah juga harus berbasis ilmiah atau scientific dengan semangat kolaborasi.

Meski PKS sebagai oposisi yang kerap beradu dengan pemerintah dan koalisi partai politik lainnya, Netty menyatakan pandemi adalah masalah bersama yang juga membutuhkan sinergi semua pihak.

Karena itu, Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS itu berharap, buku tersebut bisa menjadi kontribusi bagi penanganan pandemi yang dimulai dari gagasan, kritik sehingga tepat dalam pengambilan keputusan.

"Semoga ini menjadi trigger dan berlomba-lomba menawarkan solusi yang terbaik bagi penanganan pandemi," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)