Distribusi Vaksin Tak Mudah, Projo Minta Jokowi Libatkan Banyak Pihak

Kamis, 17 Desember 2020 - 11:52 WIB
loading...
A A A
"Bagaimana mereka akan dilatih untuk mengangkut vaksin, menjaga protokol kesehatan di pusat-pusat vaksinasi tingkat desa, memastikan vaksinasi setiap orang dengan benar dan begitu banyak detail yang harus dipenuhi," katanya.

Dia menyarankan sebaiknya Presiden Joko Widodo untuk segera merangkul kembali semua elemen masyarakat, tidak peduli profesi, agama, suku dan golongan. Dengan merangkul dan memobilisasi, kecerdasan-kecerdasan publik akan muncul dan solusi-solusi lokal untuk berbagai persoalan dapat terlaksana.

Menurut dia,rangkulan Presiden terhadap tokoh-tokoh masyarakat bermakna hidup-matinya Republik, jika kita melihat dari sisi sukses atau tidaknya program vaksinasi sebagai pertahanan bangsa.

Dia mengatakan, rakyat di seluruh penjuru negeri perlu dimenangkan hatinya untuk mendukung dan tidak menghambat program vaksinasi.

"Presiden Jokowi tentunya telah mendengar ada narasi-narasi dan disinformasi mengenai vaksin Covid-19, dari mulai yang meragukan efektivitas vaksin yang ada sampai berasal dari mereka yang percaya teori konspirasi anti-vaksin. Ini perlu dimenangkan hati dan pikirannya, dan rangkulan Presiden harus menjangkau tokoh-tokoh setempat dari mulai Ketua RT/RW, Kepala Desa sampai tokoh-tokoh adat,"tutur Panel.

Panel juga menyarankan Presiden menggerakkan sumber daya resmi dan tidak resmi, tokoh-tokoh yang loyal kepada Presiden untuk menyinergikan aparatur pemerintahan dalam langkah Negara mempertahankan keberlangsungannya dari ancaman Covid-19

"Dengan orkestrasi semacam itu, dengan kesungguhan hati seperti itu, Presiden dapat memastikan program vaksinasi Covid-19 berjalan sukses. Indonesia dapat melanjutkan perjalanannya mewujudkan cita-cita Kemerdekaan," katanya.

(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)