Risma Disebut Calon Kuat Mensos, Restu Megawati Jadi Penentu

Rabu, 16 Desember 2020 - 12:39 WIB
loading...
Risma Disebut Calon Kuat Mensos, Restu Megawati Jadi Penentu
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat acara pelantikan Tri Rismaharini sebagai Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin 19 Agustus 2019. Foto/SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Isu perombakan (reshuffle) kabinet terus menguat ke publik dalam beberapa pekan belakngan ini. Presiden Jokowi diprediksi akan melakukan reshuffle, setidaknya untuk posisi Menteri Sosial (Mensos) dan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Khusus posisi Mensos, Wali Kota Surabaya yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tri Rismaharini (Risma) disebut-sebut sebagai calon kuat.

Bahkan, beredar isu Presiden Jokowi telah menawarkan jabatan ini kepada pemimpin Surabaya dua periode ini.

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Reseach and Analysis (Sudra), Fadhli Harahab menilai jika tak ada aral melintang, Risma diyakini calon kuat pengganti Juliari Batubara sebagai Mensos.

"Dia (Risma-red) masih di deretan teratas sebagai Mensos, kalau bicara kader PDIP. Bisa jadi tinggal tunggu kesediaan Bu Risma, dan restu Ibu Mega saja, setelah itu Pak Jokowi bisa undang dia ke Istana," ujar Fadhli kepada SINDOnews, Rabu (16/12/2020).( )

Fadhli menduga, saat ini Presiden Jokowi tengah menanti kesediaan Risma dan juga restu Megawati. Karena bagaimanapun, jika akhirnya Megawati tak merestui Risma dengan berbagai pertimbangan karena kontribusinya dibutuhkan partai, maka Jokowi tetap memberikan jatah menteri itu kepada PDIP.

Menurut Fadhli, Presiden Jokowi diyakini tak terlalu pusing untuk meminta kader PDIP masuk ke kabinet. Dia melihat, ada 'list panjang' bagi Jokowi seperti Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

"Tapi jangan lupa PDIP juga punya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Tampaknya Ahok juga keren kalau jadi Mensos. Dia bekas Gubernur DKI, sekarang Komisaris Pertamina, tapi kan dia tetap kader PDIP yang nonaktif, karena dia masuk ke partai itu," tuturnya.( )
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9435 seconds (0.1#10.140)