Gibran Unggul Telak Versi Hitung Cepat, Pengamat Beberkan 3 Faktor

Rabu, 09 Desember 2020 - 16:39 WIB
loading...
Gibran Unggul Telak Versi Hitung Cepat, Pengamat Beberkan 3 Faktor
Calon Wali Kota Solo nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka bersama istrinya Selvi Ananda tiba di TPS 22 Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Solo, Rabu (9/12/2010). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil sementara penghitungan cepat (quick count), pasangan calon wali Kota dan wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa unggul jauh dari rivalnya, Bagyo Wahyono-FX Suparjo.

Hasil tersebut tidak membuat terkejut pengamat politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam.

Arif sudah memprediksi kemenangan Gibran sejak awal. "Kemenangan Gibran sejak awal sudah saya prediksikan. Faktornya karena beberapa hal," ujar Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Rabu (9/12/2020). ( )

Pertama, kata Arif, sebagai anak presiden tentu merupakan modal politik yang tak ternilai bagi Gibran. "Karena selain memiliki akses juga bisa 'mendompleng' popularitas sebagai anak presiden," katanya.

Kedua, kata Arif, dukungan dari hampir semua partai politik (parpol) kepada Gibran-Teguh. Hal tersebut berpengaruh besar dalam melakukan penetrasi kepada pemilih.

"Ketiga, sebagai basis PDIP, maju Pilkada di Solo dengan kendaraan PDIP potensial mendapat dukungan dari simpatisan dan basis tradisional yang cukup besar otomatis mudah didapatkan, apalagi didukung koalisi Parpol yang super jumbo," tuturnya. ( )

Sekadar diketahui, Versi quick count Charta Politika pukul 13.32 WIB tadi, Gibran-Teguh unggul 90,4%. Bagyo Wahyono - FX Suparjo yang merupakan calon perseorangan atau dari jalur independen hanya memeroleh 9,59%. Gibran-Teguh didukung mayoritas partai politik, salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)