Wishnutama: Pekerja Seni dan Kreatif Bakal Dapat BLT

Kamis, 16 April 2020 - 15:52 WIB
loading...
Wishnutama: Pekerja Seni dan Kreatif Bakal Dapat BLT
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi dampak Covid-19 di sektor industri kreatif adalah melalui program bantuan langsung tunai (BLT). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrasf) Wishnutama mengatakan pekerja seni dan industri kreatif akan menjadi salah satu sasaran pemberian bantuan langsung tunai (BLT).

"Kalau ekonomi kreatif dan seni, di rapat terbatas minggu lalu Bapak Presiden mengarahkan ke Kementerian Sosial, jadi bantuan tunai langsung," katanya seusai rapat terbatas, Kamis (16/4/2020).

Dia mengatakan bahwa besaran BLT yang akan diberikan akan sama yakni Rp600 ribu. Namun, masih belum jelas ada berapa pekerja seni dan kreatif yang akan mendapatkan BLT.

"Kita bekerja sama juga dengan Kementerian Sosial untuk berikan bansos secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," tuturnya.

Wishnutama mengatakan bahwa adanya corona membuat sektor ekonomi kreatif terhambat. "Ekonomi kreatif juga saat ini terhambat. Seperti pekerja film, tari, dan lain-lain banyak sekali yang harus kita pikirkan," ujarnya.

Masih belum diketahui jelas apakah para pekerja seni termasuk 9 juta kepala keluarga (KK) yang menjadi sasaran BLT. Seperti diketahui, pemerintah telah memutuskan akanmemberikan BLT untuk mengatasi dampak Covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa BLT ini akan diberikan untuk masyarakat yang ada di luar Jabodetabek.

"Untuk masyarakat di luar Jabodetabek akan diberikan bantuan sosial tunai kepada 9 juta KK (kepala keluarga) yang tidak menerima bansos PKH (program keluarga harapan) maupun bansos sembako," katanya.

Dia mengatakan bahwa 9 juta KK tersebut akan menerima BLT sebesar Rp 600 ribu. "Sekali lagi kepada 9 juta KK sebesar 600 ribu per bulan selama 3 bulan. Dan total anggaran yang disiapkan adalah Rp16,2 triliun," tuturnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)