Kena OTT KPK, Ini Profile Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo

Kamis, 03 Desember 2020 - 18:05 WIB
loading...
Kena OTT KPK, Ini Profile Bupati Banggai Laut Wenny Bukamo
KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo. Foto/iNews
A A A
JAKARTA - KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo, pada Kamis (3/12/2020). Dikabarkan, Wenny ditangkap bersamaan dengan sejumlah pihak yakni kontraktor dan timsesnya.

KPK melakukan penangkapan terhadap Wenny terkait dugaan kasus suap proyek dari kontraktor yang digunakannya dalam keperluan kampanye pilkada. Sebagaimana diketahui, Wenny kembali maju di Pilkada 2020 sebagai calon petahana. Sosok Wenny Bukamo atau Letkol Sus (Purn) Drs. H. Wenny Bukamo, merupakan perwira TNI Angkatan Udara (AU) berpangkat menengah yang kini menjadi Bupati Banggai Laut ketiga, sejak pembentukan kabupaten tersebut pada 2013. (Baca juga: KPK Tangkap Bupati Banggai Laut)

Wenny menjabat sebagai Bupati Banggai Laut terhitung sejak 17 Februari 2016 hingga sekarang, didampingi oleh Wakil Bupati Tuty Hamid. Wenny adalah putera daerah Banggai Laut yang lahir pada 60 tahun silam, yaitu pada 14 April 1960. Saat ini dirinya kembali maju menjadi calon Bupati petahana bersama calon Wakil Bupati Ridaya La Ode Ngkowe. Dalam karir politiknya, Wenny berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebelumnya, dia pernah menjabat anggota DPRD Surabaya pada 1999-2004. Masa kecilnya hingga duduk di bangku SMA dihabiskan di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah. (Baca juga: Tangkap Bupati Banggai Laut, KPK Sita Uang Diduga untuk Logistik Pilkada 2020)

Wenny mendapat gelar sarjana dari Institute Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta pada 1988. Pada tahun yang sama dia melanjutkan studi di Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepamilwa). Pada 1993, dirinya melanjutkan pendidikan di Sekolah Peralihan Perwira, dan pada 1999 menjadi peserta didik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau).

Dari pernikahannya dengan Ratnawati, Wenny dikaruniai tiga orang anak yaitu Mahdiani Bukamo, Mahrawi Bukamo dan Mahtriansyah Bukamo. Putrinya Mahdiani Bukamo mengikuti jejak sang Ayah di dunia politik, menjadi Ketua DPRD Kabupaten Banggai Laut saat usia 23 tahun. Mahdiani memecahkan rekor MURI sebagai ketua DPRD termuda se-Indonesia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)