Banyak UMKM Terkendala Permodalan, OK OCE Salurkan Bantuan Rp200 Juta

Selasa, 01 Desember 2020 - 19:53 WIB
loading...
Banyak UMKM Terkendala Permodalan, OK OCE Salurkan Bantuan Rp200 Juta
Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno lewat OK OCE Indonesia memberikan bantuan modal kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp200 juta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Resesi ekonomi hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) imbas pandemi Covid-19 memotivasi masyarakat untuk beralih dari semula pekerja menjadi seorang wirausaha. Namun, semangat yang tinggi tidak sejalan dengan besarnya tabungan untuk modal usaha. Keresahan yang dialami banyak pengusaha baru itu akhirnya terjawab.

Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno lewat OK OCE Indonesia memberikan bantuan modal kepada anggotanya. Kabar gembira itu disampaikan Sandi dalam peluncuran OK OCE Kemanusiaan sekaligus peresmian Parade Wirausaha Digital 7 TOP yang digelar secara virtual atas kerja sama Chatat.id, Papitupi Syariah, Zahir, TokoIg.com, sepatu 910 dan 165 Institute pada Senin, 30 November 2020. "Penyerahan simbolis secara virtual ini diberikan kepada UMKM yang membutuhkan, dengan total bantuan sebesar 200 juta rupiah. Diberikan masing-masing untuk OK OCE Forever, Pepes, OK OCE STII dan Universitas Mataram," ungkap Founder OK OCE Indonesia itu. (Baca juga: Sandiaga Uno Optimis Resesi Berakhir Tahun 2021 dan Terbuka Lapangan Kerja)

Penerima bantuan tersebut antara lain 100 anggota di bidang pertahanan pangan, lima mahasiswa Kampus Universitas Mataram, dan sembilan anggota penggerak OK OCE. Penyerahan bantuan tersebut diungkapkan Sandi tidak hanya bersifat seremonial semata, tetapi menjawab keluhan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. "OK OCE Kemanusiaan juga diluncurkan untuk membantu pelaku usaha yang sekarang mengalami kesulitan," jelasnya. (Baca juga: Bertemu Wakil Mendag Mesir, Sandiaga Uno Bahas Soal UMKM)

Sementara itu, Ketua OK OCE Kemanusiaan, Salman Khabibi memaparkan sejumlah program yang diyakininya memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya mendapatkan bantuan modal usaha. Salah satu program tersebut dijelaskannya adalah fund rising yang menggandeng lembaga amil zakat, Dompet Dhuafa. "Bantuan yang terkumpul disalurkan untuk permodalan UMKM," jelas Salman Khabibi. (Baca juga: Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Resmikan Restoran Pertama Indonesia di Mesir)

Hal senada juga disampaikan perwakilan dari Dompet Dhuafa Asep Sapa'at. Dia menjelaskan OK OCE Indonesia telah menjadi Mitra Pengelola Zakat (MPZ) yang akan membantu menghimpun dan mengelola sumber daya manusia (SDM). "Sekaligus memperluas kebermanfaatan, dan mendorong pengembangan zakat profesional," jelasnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1627 seconds (10.55#12.26)