Skenario Haji 2020, Dipangkas 50% atau Batal

Selasa, 12 Mei 2020 - 06:42 WIB
loading...
A A A
Zainut Tauhid kemudian memaparkan, penyelenggaraan ibadah haji di Saudi Arabia ini terdapat akomodasi di Madinah sebanyak 86 hotel. Menurut dia, penyediaan akomodasi di tersebut belum dapat dilanjutkan karena belum mendapatkan jadwal penerbangan.

"Progress penyediaan akomodasi di Mekkah, jumlah akomodasi 182, akomodasi cadangan 4 hotel dengan kapasitas 1990, persentase 99,38 persen,” papar Zainut.

Kemudian, penyediaan konsumsi jemaah haji sudah selesai pada tahapan peserta yang lolos verifikasi dokumen. Untuk konsumsi, total ada 71 perusahaan dan sudah ada kesepakatan harga.

Sedangkan layanan transportasi perhajian, transportasi sholawat dan perkotaan dilakukan setelah calon penyedia transportasi lulus pengujian akhir, untuk selanjutnya melakukan negosiasi harga. Hingga kemarin, persialan tersebut belum dapat dilaksanakan. “Sampai saat ini belum dilakukan negosiasi. Akan segera dituntaskan hingga situasi memungkinkan,” ujarnya.

Menurut Zainut, seluruh persiapan layanan ibadah haji tahun ini di Arab Saudi dihentikan sampai adanya kesepakatan harga. Hal ini sesuai dengan pernyataan otoritas haji kerajaan Arab Saudi kepada Menag RI. “Ibadah haji khusus belum ada pihak yang melakukan layanan, konsumsi transportasi di saudi. Prores ibadah haji khusus masih dalam proses pelunasan BPIH khusus,” tambah politikus PPP itu. (Kiswondari/Andika Hendra Mustakim)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)