Lima Jenderal TNI 'Adu Kuat' Nyapres 2024, Siapa Unggul?

Sabtu, 28 November 2020 - 08:46 WIB
loading...
A A A
2. Prabowo Subianto
Lima Jenderal TNI 'Adu Kuat' Nyapres 2024, Siapa Unggul?

Prabowo Subianto. Foto/Dok SINDOnews

Dari sekian banyak figur militer yang berpotensi maju capres pada 2024, kans terbesar dimiliki Prabowo Subianto . Ada sejumlah alasan. Pertama, dari sisi elektabilitas, mantan Danjen Kopassus ini masih di papan atas tokoh yang paling diunggulkan jadi capres. Hasil urvei IPI pada September 2020, elektabilitas Prabowo nomor dua dengan 16,8%. Berdasarkan survei Populi Center pada November 2020, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut malah di posisi pertama dengan 18,3%.

Sebenarnya, bukan hal yang mengejutkan jika elektabilitas Prabowo masih moncer. Dengan modal capres dua kali berturut-turut pada 2014 dan di 2019, sangat lumrah jika elektabilitasnya masih tinggi. Namun, apakah rating Prabowo tersebut akan bertahan hingga 2024? Masih perlu pembuktian. Salah satu keuntungan Prabowo adalah saat ini dia punya 'panggung' untuk menjaga pamornya. Jabatan sebagai Menteri Pertahanan bisa ia manfaatkan untuk menunjukkan kinerja yang baik agar dukungan publik terjaga.

Kedua, Prabowo memiliki partai. Artinya, kendaraan politik untuk kembali maju capres bukan hal yang susah baginya. Gerindra partai terbesar ketiga di parlemen saat ini dengan 78 kursi. Sehingga, untuk mengusung capres-cawapres—meskipun nanti presidential threshold tetap 20%—Gerindra hanya perlu kaolisi dengan satu atau dua partai.

( ).

Pilpres 2024 bisa disebut pertarungan terakhir Prabowo. Pada 2024 nanti pria kelahiran 17 Oktober 1951 ini sudah berusia 73 tahun. Jika kembali bertarung di 2024, itu menjadi pertarungan keempat kalinya bagi Prabowo setelah pada 2009 juga maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputri.

Nasib baik bisa saja memihak Prabowo di pilpres keempatnya. Terutama jika kabar bahwa dia akan berpasangan dengan kader PDIP Puan Maharani benar terjadi. Sudah sering diperbincangkan rencana duet Prabowo dengan Puan yang juga putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu. Duet Prabowo-Puan disebut-sebut berpeluang besar memenangi pertarungan karena menggabungkan kekuatan dua parpol besar, yakni PDIP dan Gerindra.

Jika maju di pilpres berkoalisi dengan PDIP, kans Prabowo memang bisa mengecil. Ini tak lain disebabkan hilangnya sebagian basis pendukungnya, terutama dari kalangan umat Islam. Pemilih Prabowo di dua pilpres sebelumnya berpotensi meninggalkannya sebagai bentuk kekecewaan atas masuknya Prabowo ke dalam barisan pendukung pemerintahan Jokowi.

Kampanye negatif yang juga bisa merugikan Prabowo yakni anggapan bahwa dia tidak pernah bisa memenangi pilpres, terbukti sudah tiga kali maju namun selalu gagal.

3. Andika Perkasa
Lima Jenderal TNI 'Adu Kuat' Nyapres 2024, Siapa Unggul?

Jenderal Andika Perkasa. Foto/Dok SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)