3 Negara ASEAN Ini Dinilai Bisa Dicontoh Indonesia untuk Atasi Corona

loading...
3 Negara ASEAN Ini Dinilai Bisa Dicontoh Indonesia untuk Atasi Corona
Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk bekerja sama menanggulangi pandemi Corona. Kuncinya, ada di komunikasi dan saling tukar informasi. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk bekerja sama menanggulangi pandemi virus Corona (Covid-19). Kuncinya, ada di komunikasi dan saling tukar informasi.

(Baca juga: Satgas Covid-19: Pastikan Tidak Terjadi Penumpukan dan Kerumunan di TPS Pilkada)

Epidemiologi Kamaluddin Latief mengatakan, kerja sama antarnegara itu penting. Dia menceritakan dalam penyebaran virus flu burung, para peneliti Indonesia dengan Singapura, Thailand, dan Vietnam, bekerja sama.

Memang tidak dalam bingkai formal. Cara-cara kerja sama seperti ini bisa dilakukan untuk menangani pandemi Covid-19 ini. (Baca juga: Sudah Ada Tersangka, 5 Pejabat Swasta Diperiksa KPK Terkait Korupsi Stadion Mandala)



Kamaluddin mengungkapkan, Thailand sudah mulai membuka sekolahnya. Indonesia bisa mempelajari bagaimana penerapan protokol kesehatan di sana.

"Kita bisa belajar bagaimana Vietnam mengoptimalkan teknologinya untuk melakukan tracing dan tracking. Kita bisa melihat Singapura bagaimana sistem surveillance-nya sangat maju," kata Kamaluddin saat dihubungi SINDOnews, Jumat (27/11/2020).

Dalam menghadapi virus yang menular ini, Kamaluddin mengingatkan tentang pengawasan ketat di pintu perbatasan. Dia menceritakan pengalaman saat berada di Jepang ketika Virus Sars Cov-II baru merebak di Wuhan.



China, Jepang, dan Korea Selatan, saling berkomunikasi mengenai aturan buka-tutup perbatasan. "Hal-hal seperti itu bisa kita adopsi," ucapnya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top