Doni Monardo Ajak Lindungi Kelompok Rentan Covid-19

Senin, 11 Mei 2020 - 16:28 WIB
loading...
Doni Monardo Ajak Lindungi Kelompok Rentan Covid-19
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo terus mendorong upaya untuk melindungi kelompok rentan Covid. Salah satunya adalah usia di atas 60 tahun karena memiliki persentase risiko kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi.

"60 tahun ke atas risiko kematian adalah 45 persen," katanya seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (11/5/2020).

Kelompok rentan lainnya adalah masyarakat yang berusia 46 tahun sampai 59 tahun yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Di antaranya hipertensi, diabetes, jantung, dan penyakit paru obstrasi kronis yang risiko kematiannya jika terkena Covid-19 mencapai 40%. ( ).

"Dari dua kelompok umur ini, 45% usia 60 tahun ke atas, kemudian 40% usia 46 sampai dengan 59 tahun berarti 85%. Kalau kita bisa melindungi saudara-saudara kita yang kelompok rentan ini, berarti kita telah mampu melindungi warga negara kita 85%," ungkapnya.

Doni mengatakan, hal ini membutuhkan kerja keras dari seluruh komponen masyarakat untuk benar-benar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Menurutnya jika hal tersebut dilakukan maka dapat memutus rantai penularan.

"Sebenarnya kalau kita pahami semuanya kenapa seorang terpapar, dan siapa yang paling berisiko maka kita harus memilih untuk disiplin, disiplin, dan disiplin. Pakai masker, jaga jarak, dan tidak menyentuh bagian sensitif dari wajah yaitu mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir sampai bersih," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)