Munarman Buka-bukaan soal Gaya Ceramah Habib Rizieq

loading...
Munarman Buka-bukaan soal Gaya Ceramah Habib Rizieq
Munarman dan Habib Rizieq Shihab dalam sebuah kesempatan. Foto/Dok SINDO
JAKARTA - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman buka-bukaan soal gaya ceramah Habib Rizieq Shihab yang oleh sebagian kalangan dianggap keras. Menurut Munarman, Habib Rizieq ingin ceramahnya mudah dipahami oleh audiens.

Penjelasan Munarman tersebut disampaikan saat diwawancarai mantan anggota DPR RI Akbar Faizal di Channel YouTube Akbar Faizal Uncensored. Akbar mengatakan banyak pihak berpikir bahwa Habib Rizieq akan menjadi lebih moderat dalam hal dakwah dan ceramahnya setelah pulang dari Arab Saudi. "Tetapi ternyata nggak, semakin mengeras. Apa yang terjadi?" tanya Akbar Faizal kepada Munarman , dikutip SINDOnews dari video berjudul Pemerintah Saudi Khawatirkan Keselamatan Jiwa Habib Rizieq | AF Uncensored ft. Munarman, Selasa (24/11/2020).

Munarman menjelaskan, ketika Habib Rizieq berada di panggung, spektrum audiens yang hadir mulai dari kalangan sosial menengah bawah sampai katakanlah kelas menengah dan menengah atas. "Jadi, saya melihatnya itu gaya ceramah. Gaya kritik supaya gampang dipahami oleh audiens yang mayoritas, supaya gampang dicerna," kata Munarman.

(Baca juga: Dua Cara Mengukur Kekuatan Pengaruh Habib Rizieq di Dunia Politik ).



Akbar Faizal kemudian menyela. "Tapi kalau dalam teori aktor, untuk orang sebesar beliau, itu tidak sesederhana itu?"

Munarman yang mantan pentolan pengurus Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) itu mengatakan, dirinya sering diskusi bersama Habib Rizieq tentang bahasa yang digunakan saat ceramah. "Bib, ini kenapa bahasanya begitu?" kata Munarman .

(Baca juga: Soal Habib Rizieq, JK Sebut Akibat Kekosongan Kepemimpinan ).



"Ente kalau bahasa sekolah, nggak paham tuh yang dengerin kita. Jadi kita itu ngomong ngoceh sendiri. Kita ini kan mau menyampaikan supaya gampang dipahami," ujar Munarman menirukan Habib Rizieq .
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top