Menebak Calon Presiden 2024, Wajah Lama versus Wajah Baru?

loading...
Menebak Calon Presiden 2024, Wajah Lama versus Wajah Baru?
Pilpres 2024 masih empat tahun lagi. Kendati demikian, sejumlah nama tokoh mulai disebut-sebut bakal mengikuti hajatan lima tahunan itu. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 masih empat tahun lagi. Kendati demikian, sejumlah nama tokoh mulai disebut-sebut bakal mengikuti hajatan lima tahunan itu.

Ada yang muka lama, ada pula muka baru di antara sejumlah tokoh tersebut berdasarkan survei beberapa lembaga belakangan ini.

Adapun muka lama seperti Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. Keduanya pernah menjadi pasangan calon di Pilpres 2019 lalu. Prabowo menjadi Capres, Sandiaga menjadi Cawapresnya. Prabowo bahkan pernah menjadi kandidat dua Pilpres sebelumnya.

Di Pilpres 2009, Prabowo berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Singkatan pasangan itu adalah Megapro. Prabowo saat itu menjadi Cawapresnya Megawati. Di Pilpres 2014, Prabowo berpasangan dengan Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa. Prabowo saat itu menjadi Capresnya.



"Muka lama bisa saja ada Prabowo. Sandi juga ingin, mungkin masih di posisi Cawapres. Namun Sandi akan mengalami kesulitan karena ada di rumah yang sama dengan Prabowo, yaitu di Gerindra," ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Kamis 19 November 2020.(Baca juga: Pengamat: HRS Bisa Jadi Pendorong Tokoh Tertentu Maju di Pilpres 2024)

Sedangkan muka barunya, kata Ujang, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Nanti akan terlihat dari hasil survei popularitas dan elektabilitas mereka sebagai Capres dan Cawapres. Mungkin saja akan ada kombinasi muka lama dengan muka baru," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.(Baca juga: Papa Online Sandi Uno Bisa Jadi 'Kartu As' Ganjar atau Prabowo di Pilpres 2024)



Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo. Diakui Kunto, walaupun Pilpres 2024 masih lama, namun sejumlah kandidat sudah mulai terlihat.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top