Uji Klinis Vaksin Sinovac, Hanya Ditemukan Gejala Nyeri di Titik Suntikan

Kamis, 19 November 2020 - 20:15 WIB
loading...
Uji Klinis Vaksin Sinovac, Hanya Ditemukan Gejala Nyeri di Titik Suntikan
Satgas mengakui ada gejala ringan yang ditemukan pasca uji klinis vaksin sinovac yakni nyeri di titik suntikan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah terus berupaya transparan terkait perkembangan uji klinis tahap III vaksin sinovac . Termasuk juga soal Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

KIPI adalah serangkan reaksi, biasanya berupa peradangan dalam tubuh, setelah imunisasi.

"Badan POM selalu melakukan pengawasan selama proses pengadaan kandidat vaksin. Dan pemerintah selalu berupaya transparan dengan progres pengadaan vaksin kepada publik," katanya saat konferensi pers, Kamis (19/11/2020). ( )

Menurut Wiku, hingga kini belum ada temuan gejala KIPI yang berbahaya dalam proses uji klinis tahap III vaksin sinovac. Namun memang ada gejala ringan yang ditemukan pasca vaksinasi di uji klinis tersebut.

"Hanya ditemukan gejala ringan seperti nyeri dan pegal-pegal otot pada tempat suntikan. Dan tidak ditemukan adanya efek samping serius karena vaksin maupun vaksinasi," ujarnya.

Wiku memastikan pemerintah akan terus memantau perkembangan uji klinis vaksin sinovac. ( ji Klinis Ketiga Beres, Vaksin Sinovac Ajukan EUA )

"Kami akan terus memantau perkembangan uji klinis ini dan perkembangan status kehalalannya," katanya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)