Marinir, Hantu Laut Penjaga Kedaulatan NKRI yang Ditakuti Belanda

Minggu, 15 November 2020 - 14:37 WIB
loading...
Marinir, Hantu Laut Penjaga Kedaulatan NKRI yang Ditakuti Belanda
Korps Marinir pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL) yang ditakuti Belanda. Foto/SINDOnews/ali masduki
A A A
JAKARTA - Jalesu Bhumyamca Jayamahe, yang artinya “Di Laut dan Darat Kita Jaya” merupakan semboyan bagi Korps Marinir pasukan elite TNI Angkatan Laut (AL) . Pasukan ini dibentuk pada 15 November 1945 di sebuah kota kecil, Tegal, Jawa Tengah di era kepemimpinan Presiden Soekarno.

Korps Marinir atau Corps Mariniers pada awalnya merupakan bagian dari Corps Armada (CA) IV Tegal yang bertugas menjaga keamanan laut Indonesia dari berbagai ancaman. Kesatuan ini bahkan memegang peranan sangat penting dalam menjaga kedaulatan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (Baca juga: Peringati HUT ke 75, Ini Pesan Panglima TNI kepada Korps Marinir)

Sepak terjang Marinir dalam menjaga kedaulatan Indonesia menjadi kesatuan yang paling ditakuti Belanda saat perang kemerdekaan dikarenakan kekuatan dan persenjataannya yang cukup besar dan kuat. Berbagai palagan pertempuran pun telah banyak dilalui, di antaranya, Operasi Trikora, dalam upaya menggabungkan Irian Jaya ke pangkuan Ibu Pertiwi. Operasi Dwikora di sepanjang perbatasan Sabah dan Serawak, Malaysia pada 1964. Dalam operasi tersebut, prajurit Marinir harus berhadapan dengan pasukan elite Inggris yakni, Special Air Services (SAS) dan pasukan Gurkha. (Baca juga: Peringati HUT ke 75, Dankormar: Marinir Harus Inovatif dan Adaptif)

Tidak hanya itu, Korps Marinir juga terlibat dalam operasi pemulihan keamanan dalam peristiwa G30S/PKI, Operasi Alugoro di Aceh. Termasuk operasi pembebasan Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak di perairan Somalia pada 2011 lalu. Dalam operasi yang menegang tersebut, sejumlah perompak tewas ditembak. Kehebatan dan ketangguhan Marinir dalam menyelesaikan operasi baik di dalam maupun di luar negeri membuat Korps Baret Ungu ini dijuluki sebagai Hantu Laut. (Baca juga: Aksi Heroik Pasukan Khusus TNI Bebaskan Kapal dari Pembajak di Somalia)

Marinir, Hantu Laut Penjaga Kedaulatan NKRI yang Ditakuti Belanda


Korps Marinir memiliki ciri khas Baret Ungu yang diyakini kesaktian yang ampuh dan mampu memberikan pengamanan serta perlindungan. Warna ungu diartikan dapat diandalkan kemampuannya dalam melindungi dan mengamankan Negara dan Bangsa Indonesia. Selain itu, warna ungu juga diilhami oleh Bunga Bougenville, melambangkan pengabdian prajurit Korps Marinir yang selalu siap berkorban jiwa raga bagi keutuhan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penggunaan warna ungu oleh Korps Marinir (ketika masih bernama KKO-AL) pada 1958, berupa pita sebagai kode pengamanan untuk mengadakan operasi pendaratan di Padang, Sumatera Barat dalam rangka Operasi 17 Agustus. Baret Ungu untuk pertama kalinya dipergunakan oleh Batalyon-1 KKO-AL dalam Operasi Alugoro di Aceh. Selanjutnya baret tersebut dilengkapi dengan emblem. Pada awalnya emblem Korps Marinir berbentuk segi lima warna merah dengan lambang topi baja Romawi dan dua pedang bersilang di tengahnya. Pemasangan emblem di baret terletak di samping kiri depan.

Bertepatan dengan HUT ke-17 KKO-AL pada 1962, diadakan perubahan lambang emblem baret Keris Samudera dikelilingi oleh pita dengan tulisan “Jalesu Bhumyamca Jayamahe” dan terdapat tulisan “Korps Komando” di bawahnya. Di antara tulisan Korps dengan Komando terdapat angka 1945 yang menandakan Korps Marinir lahir. Seluruh lambang dan tulisan emblem tersebut terbuat dari kuningan yang beralaskan warna merah segi lima. Pada 1968, Diadakan lagi perubahan yaitu dengan member garis pinggir “Kuning” dari segi lima merahnya.

Marinir, Hantu Laut Penjaga Kedaulatan NKRI yang Ditakuti Belanda


Dari aspek organisasi, personel, peralatan dan persenjataan Korps Marinir, terus mengalami perkembangan yang cukup pesat yang menjadikan Korps Baret Ungu sebagai alat pertahanan negara yang cukup besar dan andal. Usai perang kemerdekaan tepatnya pada 1951 status organisasi KKO-AL adalah sebagai Kotama ALRI dengan sebutan Pasukan Komando (Pasko) dimana Markas Komando merupakan juga Markas KKO-AL. Pada 1955-1959 KKO-AL mengalami perubahan dalam organisasi.

Untuk susunan organisasi terdiri atas Markas Besar KKO-AL, Komando Utama KKO-AL, Pastermar, Paskohanmarnas dan Unsur-unsur Pelayanan Kotama. Usai Operasi Trikora kekuatan KKO-AL sangatlah besar dengan dibentuknya Pasukan Komando Armada I di Surabaya, Pasukan Komando Armada II di Jakarta, dan Pasukan Induk Komando di Surabaya. Pada 1975 terjadilah suatu peristiwa yang penting bagi keberadaan Korps dimana nama Korps Komando Angkatan Laut yang telah digunakan sejak 1950 dikembalikan lagi menjadi Korps Marinir sesuai dengan sejarah lahirnya Korps sejak 1945. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/1831/XI/1975 tanggal 14 Nopember 1975.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)