8 Bulan Covid-19 Tak Terkendali, Pemerintah Diminta Bikin Terobosan

Jum'at, 13 November 2020 - 07:33 WIB
loading...
8 Bulan Covid-19 Tak Terkendali, Pemerintah Diminta Bikin Terobosan
Selama kurang lebih delapan bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia, hingga kini belum ada tanda-tanda penyebaran virus tersebut dapat dikendalikan secara pasti. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Selama kurang lebih delapan bulan pandemi Covid-19 melanda Indonesia, hingga kini belum ada tanda-tanda penyebaran virus tersebut dapat dikendalikan secara pasti. Hingga saat ini, total kasus pandemi Covid-19 di Indonesia mencapai 448.118 kasus.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah melakukan evaluasi kinerja yang sudah dilakukan selama ini, dan melakukan terobosan untuk menekan perkembangan dan penyebaran Covid-19.(

Bambang juga meminta menggencarkan dan mengoptimalkan pelaksanaan tes (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment) di seluruh wilayah Indonesia.

"Pemerintah pusat dan daerah harus menyiapkan dana agar testing atau tes rapid dapat dilakukan secara berkala, khususnya di wilayah-wilayah yang masih berada di zona merah atau orange sehingga tracing dapat dilakukan tepat waktu guna mencegah meluasnya penularan virus corona," kata Bamsoet, Kamis (12/11/2020).( )

Mantan Ketua DPR ini menambahkan, pemerintah harus terus melakukan pembaharuan data kasus positif Covid-19, terutama apabila telah melakukan pemeriksaan spesimen setiap harinya.

"Masyarakat juga saya minta agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak) secara bersamaan, dan menghindari kerumunan orang, sehingga upaya pencegahan penularan antar individu dapat dilakukan secara maksimal," kata Bamsoet.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)