Partai Baru Bermunculan, Elite Diingatkan Tak Sekadar Hobi Bikin Parpol

Kamis, 12 November 2020 - 14:36 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, partai-partai baru ini juga harus berjuang agar lolos verifikasi faktual di Kemenkumham bagi yang belum mendaftar, dan nantinya mereka juga harus lolos dari verifikasi KPU sebagai peserta pemilu.

"Jadi tantangan cukup besar. Maka elit kita itu gak sekedar hobi bikin partai, tapi imajinasi berpartai juga harus ada supaya muncul ide-ide kreatif. Kaderisasi politik itu menjadi penting untuk meyakinkan rakyat," pungkas dia.

Untuk diketahui, sampai di penghujung tahun 2020 ini sudah dideklarasikan 4 partai baru yakni Gelora, UKM, Ummat dan Masyumi Reborn. Gelora didirikan para tokoh sentral yang pernah menjadi petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni Anis Matta, Fahri Hamzah dan Mahfud Sidiq. Sementara UKM didirikan tokoh yang peduli UKM seperti Bustan Pinrang dan Syafrudin Budiman.

Adapun Partai Ummat, partai yang diprakarsai oleh tokoh reformasi sekaligus pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais. Ditengarahi partai ini lahir dari konflik internal PAN yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan.

Terakhir, Partai Masyumi Reborn dibangunkan kembali melalui Badan Penyelidik Usaha-usaha Partai Islam Ideologis (BPU-PPII) yang diketuai KH Ahmad Cholil Ridwan. Masyumi Reborn dikabarkan didukung tokoh Islam seperti Ustaz Abdul Somad dan tengah meminta kesediaan Habib Rizieq Shihab untuk bergabung.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)