Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN, Bahas Kerja Sama Vaksin Covid-19

Kamis, 12 November 2020 - 12:14 WIB
loading...
Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN, Bahas Kerja Sama Vaksin Covid-19
Presiden Joko Widodo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN secara virtual. Pembahasan dalam kegiatan ini yakni mencegah dampak pandemi di kawasan serta kerja sama vaksin Covid-19 .

Jokowi mengatakan, pada Kamis (12/11/2020) dirinya akan beraktivitas di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat untuk menghadiri perhelatan tersebut. "Seharian ini, dari Istana Bogor, saya menghadiri KTT ke-37 ASEAN secara virtual dengan tuan rumah Vietnam," ujarnya melalui akun Twitter resminya seperti dikutip Okezone.

"Rangkaian KTT membahas langkah bersama untuk mencegah dampak lebih luas pandemi ini bagi kawasan dengan menekankan prioritas kerja sama di 2021, khususnya terkait vaksin," ungkap Jokowi .

Berdasarkan siaran pers Kementerian Luar Negeri, rangkaian KTT ASEAN ini berisi 17 sesi pertemuan. Seluruh rangkaian kegiatan dihadiri oleh 10 kepala negara atau pemerintahan ASEAN dan 8 kepala negara atau pemerintahan negara mitra ASEAN.
Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN, Bahas Kerja Sama Vaksin Covid-19

Sedangkan Presiden Jokowi diagendakan mengikuti lima KTT secara virtual, di antaranya KTT Pleno ke-37 ASEAN , KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India.

Inti KTT ini adalah membahas langkah bersama untuk mencegah dampak yang lebih luas dari pandemi Covid-19 bagi kawasan dengan menekankan prioritas kerja sama di 2021, khususnya terkait keberadaan dan produksi vaksin bagi kawasan.

KTT juga akan membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan mitra untuk menangani dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19.

Salah satu inisiatif yang diusung oleh Indonesia pada KTT ini adalah upaya membangun komitmen bersama ASEAN untuk segera membuka kembali konektivitas dan memulihkan kegiatan ekonomi di ASEAN melalui ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA).

( ).

TCA diharapkan mempermudah akses perjalanan bagi para pebisnis di negara-negara ASEAN dalam situasi kenormalan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"KTT ini penting untuk satukan langkah dan memperoleh komitmen ke depan para pemimpin negara mitra ASEAN untuk mengatasi pandemi secara lebih terstruktur, sesuai tenggat waktu yang dibutuhkan agar tidak semakin menunda dampak dari pandemi yang semakin kompleks bagi situasi dunia dan kawasan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari laman kemlu.go.id.

( ).

Dalam kegiatan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Wakil Tetap RI untuk ASEAN Ade Padmo Sarwono.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)