Wapres Gagas Pembentukan Kesekretariatan Terkait Perampingan 10 Lembaga

Jum'at, 06 November 2020 - 19:09 WIB
loading...
Wapres Gagas Pembentukan Kesekretariatan Terkait Perampingan 10 Lembaga
Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menggagas pembentukan kesekretariatan terkait perampingan 10 lembaga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus melakukan kajian untuk perampingan lembaga non struktural (LNS). Menurut Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi hal ini sempat dibahas pada rapat intern Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

“Kemarin memang dibicarakan hal itu. Termasuk yang dibicarakan itu ada 10 lembaga yang dianggap tidak perlu. Itu sedang dikaji apakah akan dilanjut atau tidak,” katanya, Jumat (6/11/2020). (Baca juga: Perampingan Lembaga Dinilai Efektif Agar Anggaran Negara Tak Mubazir)

Dia mengatakan hal ini masih dalam kajian mendalam. Dimana jika tidak dilanjutkan maka akan dihapus. Sebaliknya jika dipertahankan maka akan tetap dilanjutkan. “Kalau memang enggak dilanjut maka akan dihapus. Kalau dibutuhkan maka akan dilanjutkan seperti biasa. Dan itu masih dalam kajian mendalam,” ungkapnya. (Baca juga: Perampingan Lembaga Harus Dibarengi Perubahan Budaya Kerja)

Dia mengatakan Presiden telah meminta Wapres untuk menindaklanjuti hal ini dengan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait. Wapres, kata dia, memiliki gagasan untuk dibuat semacam sekretariat untuk koordinasi terkait perampingan ini.

“Selama ini wapres langsung ke Menpan RB. (Lalu) Menpan RB bagaimana berhubungan ke kementerian/lembaga ini mungkin oleh Wapres dianggap harus lebih cepat lagi. Untuk lebih cepat itu dibutuhkan lembaga sekretariatan yang sifatnya bisa melakukan langkah-langkah percepatan untuk efisiensi birokrasi,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)