Jokowi Ingin Amerika Jadi Sahabat Indonesia

loading...
Jokowi Ingin Amerika Jadi Sahabat Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor. Foto/Biro Pers Setpres
A+ A-
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menteri) Indonesia Retno Marsudi membeberkan pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo. Retno menyebut bahwa Presiden Jokowi ingin agar AS menjadi sahabat baik bagi Indonesia.

"Nah, di dalam pertemuan tadi Presiden mengatakan kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik. Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia. Tetapi hal ini tidak bisa take it for granted," katanya seusai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, Presiden Jokowi menekankan bahwa untuk terus bersahabat baik diperlukan usaha yang serius. Termasuk mewujudkan kerja sama yang konkret.

(Baca juga: Terima Menlu Pompeo, Jokowi Sebut Saling Kunjung Pejabat AS-Indonesia Paling Intensif).



"Semuanya harus dipelihara. Sehingga Presiden mengatakan bahwa untuk memelihara kemitraan ini, diperlukan upaya yang serius, diperlukan pemahaman satu sama lain. Dan diperlukan juga upaya untuk mewujudkan kerja sama yang konkret. Termasuk di antaranya adalah kerja sama ekonomi," tuturnya.

(Baca juga: Pompeo: AS Dukung Kedaulatan Indonesia di Laut Natuna!).

Retno mengatakan bahwa Pompeo pun berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama di antara kedua negara. "Dari pihak Secretary Pompeo menyampaikan tentunya senang bisa berkunjung kembali ke Indonesia dan menyampaikan komitmen kuatnya untuk melanjutkan kemitraan komprehensif strategis dengan Indonesia," pungkasnya.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top