Soal Kepulangan HRS, Pengamat: Kalau Mau Pulang Silakan Saja

Rabu, 28 Oktober 2020 - 23:37 WIB
loading...
Soal Kepulangan HRS, Pengamat: Kalau Mau Pulang Silakan Saja
Warga melintas di depan baliho ucapan Selamat Datang Habib Rizieq Shihab (HRS) di Indonesia. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Isu kepulangan Habib Rizieq Shihab (HRS) ke Tanah Air makin santer setelah viral video HRS yang menyampaikan bahwa dirinya akan pulang dalam waktu dekat. Terlebih, HRS dikabarkan segera mengumumkan tanggal kepulangannya.

Menurut Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung Idil Akbar, kepulangan HRS masih sekadar isu dan belum dapat diketahui kebenarannya. Bahkan, berdasarkan informasi yang tersebar di publik pun masih debatable.

"Jadi, saya pikir masih belum bisa diketahui apakah ada kepastian soal itu," ujarnya, Rabu (28/10/2020). (Baca juga: Kepulangan Habib Rizieq Tak Akan Pengaruhi Peta Politik)

Namun, jika memang benar HRS kembali ke Indonesia sebenarnya mudah saja karena tidak ada larangan untuk HRS pulang. "Bagi saya, sebetulnya kalaupun beliau mau pulang ya silakan saja kan tidak ada yang melarang," ucapnya.

Kemudian, apakah kepulangan HRS akan memengaruhi peta politik Tanah Air, harus diakui bahwa kepulangan HRS bisa jadi akan memberikan pengaruh terhadap konstelasi politik Indonesia. Karena bagaimanapun massa HRS bukan hanya dari Front Pembela Islam (FPI), tapi juga masyarakat luas.

"Ini saya pikir juga akan paling tidak memberikan perhatian dari masyarakat politik di Indonesia," ujar Idil. (Baca juga: Viral Lagu Sambut Habib Rizieq Pulang ke Tanah Air)

Tetapi, apakah kemudian akan memengaruhi pemerintahan Jokowi-Maruf, menurut dia, tidak sampai sejauh itu. Karena, pemerintah sudah punya mekanisme dan jalannya sendiri sehingga kalau ada dinamika yang disebabkan oleh HRS tentu hal tersebut harus dihadapi bersama.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)