Persatuan, Kunci Perkuat Eksistensi Bangsa Indonesia

Rabu, 28 Oktober 2020 - 16:34 WIB
loading...
Persatuan, Kunci Perkuat Eksistensi Bangsa Indonesia
Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan. Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan. GMKRI menegaskan persatuan adalah kunci menjaga bangsa Indonesia tetap utuh.

Menurut pendiri GMRI Eko Sriyanto Galgendu, rekonsiliasi merupakan bentuk keinginan bersama dalam persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan mencoba merangkul semua pihak tanpa membeda-bedakan suku, ras atau agama.

"Kita mencoba mengetuk pintu hati mereka tentang pentingnya satu ikatakan kebangsaan. Kami yakinkan mereka akan tanah dan air yang melahirkan," kata Eko Galgendu di Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2020).

Eko mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menguatkan ikatan kebangsaan. Dia mengaku telah bertemu dengan sejumlah pemuka agama demi terwujudnya Gerakan Rekonsiliasi Indonesia.

"Kami jelaskan kepada mereka bahwa kondisi sekarang ini sangat memerlukan ikatakan kebangsaan," tutur Eko.
( )

Berkat kegigihan dan semangatnya, Eko berhasil meyakinkan para pemuka agama untuk melanjutkan Gerakan Rekonsliasi tersebut. "Saya kemudian bisa mengetuk hatinya, meyakinkan kepada beliau. Walau saya tahu beliau sebagai pemuka agama Budha pastinya tidak kemudian sederhana ketika memahaminya," katanya.

Pelaksanaan Rekonsiliasi Indonesia ini dapat terjadi setelah melewati proses panjang, yang berawal dari sebuah renungan suci yang dilakukan di kawasan Siti Inggil, Desa Bejijong, Trowulan Mojokerto.

"Sebenarnya proses yang terjadi hari ini merupakan suatu rangkaian dari peristiwa. Semuanya berawal dari renungan suci sumpah palapa," tutur Eko. (Baca juga: Daftar Produk Prancis yang Berpotensi Diboikot Dunia Musli

Kala itu telah berproses kurang lebih 2 tahun. Mereka bersama-sama tepatnya pada bulan September beberapa tahun lalu melakukan renungan suci tersebut. "Kami selenggarakan renungan suci sumpah palapa tempatnya di Mojokerto, yang dipercaya sebagai situs pendiri kerajaan Majapahit," cetusnya.

Dia mengatakan, kebangsaan harus terus diikatkan, dieratkan, dijadikan satu, dilekatkan. Maka pada saat ini menggunakan lambang Gerakan Rekonsiliasi Indonesia. "Di dalam spirit kebangsaan itu ada ideologi negara yaitu Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Jadi kunci dan tegaknya berdirinya negara ini adalah Pancasila," ucap Eko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)